Cung TAO

Diambil dari arsip diskusi di htt://siutao.com
Diskusi antara Sian, SHAN MAO, Robin, Longhu, RRG & Eva, pada Mei 2006.

Banyak umat mendengungkan bahwa “CUNG TAO” haruslah begini dan begitu, sebenarnya garis besar yang dikatakan masuk kriteria Cung Tao menurut teori dan prakteknya itu yang bagaimana ?

Arti kata “CUNG TAO” adalah Setia kepada TAO.   Prakteknya, tentu tergantung seberapa dalam orang itu mengerti tentang TAO.   Tentang Ajaran Agama TAO,  tentang Ilmu Pengetahuan terkini,  serta bagaimana orang itu bisa menggunakan dasar keimanan Agama TAOnya, di dalam memandang semua aspek kehidupan manusia.

Dengan demikian yang terpenting bagi diri kita adalah jangan takut melangkah sesuai dengan Ajaran Agama TAO, asalkan jika ternyata kita tahu bahwa perbuatan kita sudah keluar dari jalur Ajaran Agama TAO, harus berani segera mengakuinya dan sesegera mungkin untuk memperbaikinya.

Sebenarnya CUNG TAO berasal dari kalimat “CUEN SHI CUNG TAO ( ???? ) yang artinya Hormat dan Taat kepada Guru serta Setia kepada TAO.    Orang sering kali mengambil hanya sepotong2 kata dari suatu kalimat utuhnya, sehingga sering timbul pengertian yang menyimpang dari arti keseluruhan kalimat yang sesungguhnya.

Seperti kata “Setia kepada TAO” (CUNG TAO), sepintas sepertinya semua sudah dapat mengerti apa maksudnya !!!   Namun masalahnya terletak pada diri orang itu sendiri, sejauh mana dia sudah mengerti apa itu TAO !!!    Karena itu standard menilai CUNG TAO-nya akan berbeda sekali, antara orang yang satu dengan orang lainnya !!!   Misalnya : Ada orang yang menganggap bahwa SIUTAO sendiri di rumah, tanpa mau mengikuti kegiatan2 di Tao Kuan, sudah termasuk CUNG TAO 100%.

Ada juga yang merasa biarpun sudah sangat aktif menyebarkan Ajaran Agama TAO dan tiap hari selalu menyempatkan diri LIAN KUNG serta aktif berbuat KUNG TEK dalam membantu kegiatan2 yang ada di Tao Kuan, namun masih saja merasakan belum 100% CUEN SHI CUNG TAO dalam kehidupannya.   Jadi jelas disini, sifat “Kerendahan Hati” dan “Ketebalan Iman” serta “Kemauan/Kesungguhan Hati”, sangat berperan penting didalam usaha untuk mengerti apa itu TAO !!!

Bukannya belum apa2, sudah menanyakan apa yang bakal didapat dari TAO ???    Jangan tanya apa yang kita dapatkan dari Tao, tapi tanyalah pada diri sendiri apa yang telah kita dedikasikan untuk Tao !!!    Pahami dulu apa itu CUEN SHE CUNG TAO, jangan yang dipikirin cuma “Untung-Rugi”nya saja !!!

Tags: , , , , , , , , , ,  

Leave a Reply