Dong Zhi (Festival Musim Dingin)

Dong Zhi (Festival Musim Dingin)

冬至

(gambar diambil dari internet)

Banyak orang yang beranggapan bahwa Dong Zhi berarti kembalinya musin salju.   Saat Dong Zhi, lama siang hari dari sebelah utara akan lebih pendek dibandingkan dari sebelah selatan.

Di tahun baru semua orang akan saling berkunjung.   Masyarakat akan mengadakan Upacara Sembahyang pada malam harinya.   Mereka akan berpesta dan suasananya sama seperti perayaan tahun baru.   Dulu, musin salju di Tiongkok terasa sangat dingin dan sarana kesehatanpun masih kurang, sehingga banyak orang yang mati karena kedinginan.   Oleh karena itu, pada saat musim salju, orang-orang berkumpul bersama sambil makan Tang Yuan, yaitu bola-bola tepung ketan.   Yuan (bundar) dikaitkan dengan Tuan (bersatu kembali) dan Yuan (lengkap).   Makan Tang Yuan atau disebut juga Tuan Yuan ini merupakan simbol Persatuan dan Keharmonisan Keluarga !!!

Versi lain mengatakan,

Hari terpendek tahun – solstice musim dingin – disebut Dong Zhi (冬至) dalam bahasa Tionghoa  dan memiliki arti khusus dalam kalender Imlek.   Dong Zhi adalah hari ketika keluarga berkumpul dan makan Tang Yuan  (湯圓), sup manis yang terbuat dari beras ketan dibentuk bola-bola kecil.   Kita di Indonesia biasa menyebutnya sebagai Kue Onde.

Kalender Imlek

Kalender Tionghoa/Imlek dibagi menjadi 24 divisi yang sama setiap berhubungan dengan 15 derajat bujur Surgawi.   Matahari mencapai 270 derajat setiap tahun, tanggal 21 Desember yang ditetapkan dalam kalender Barat kebanyakan sebagai titik balik matahari musim dingin.    Dong Zhi, bagaimanapun, dapat jatuh pada tanggal 21, 22, atau 23.   Di Indonesia diperingati pada setiap tanggal 22 Desember setiap tahunnya.

Arti kata “Dong Zhi”

Karakter Tionghoa untuk Dong Zhi adalah 冬至.     Karakter pertama berarti “musim dingin” dan karakter kedua berarti “kedatangan.”    Dalam masyarakat Tionghoa tradisional, kedatangan musim dingin berarti bahwa para petani akan meletakkan alat-alat mereka dan merayakan panen dengan pulang ke keluarga mereka.    Sebuah pesta akan dipersiapkan untuk menandai peristiwa tersebut.   Dong Zhi masih merupakan hari budaya penting.   Meskipun kebanyakan orang tidak mendapatkan hari libur kerja, semua orang mencoba untuk bersama-sama dengan keluarga mereka makan Tang Yuan (Kue Onde)

Tang Yuan

Anda dapat membeli Tang Yuan di pasar-pasar tradisional ataupun di supermarket, tapi bukan hal yang sulit untuk membuatnya sendiri.   Cukup campuran tepung beras ketan dengan air untuk membuat adonannya.   Tempatkan di kulkas selama sekitar setengah jam, kemudian angkat dan bentuklah menjadi bola-bola kecil.

Bola-bola tersebut direbus dalam air medidih hingga mengapung dan kemudian di masukkan ke dalam sirup gula batu yang telah disiapkan secara terpisah dan agar menjadi lebih beraroma, bisa anda tambahkan dengan irisan jahe serta daun pandan wangi !!!

Wuenak tenan… !!!

Tags: , , , , , , ,  

1 Comment

  1. sangat sesuai untuk membuat folio moral saya terima kasih dengan sepunnya.

    Reply

Leave a Reply