Sejarah dan Peranan Setan !!!

Diambil dari arsip diskusi di http://siutao.com
Diskusi antara JJ, SHAN MAO dan RSD, pada Maret 2007.

Bagaimana awal mula dan peranan Setan dalam kehidupan kita sehari2 menurut Ajaran Agama TAO.   Bukankah setan adalah suatu makhluk ciptaan Tuhan yang dengan sadar menentang perintahNya.   Sebelum hukuman dijatuhkan, dia meminta izin untuk menjerumuskan manusia bersama2 dengannya.   Jadi peranan setan dalam kehidupan kita sehari2 adalah selalu “membujuk” hati nurani kita untuk melakukan perbuatan yang sesat/jahat, agar kita tidak sesuai dengan ajaran Tuhan/TAO.

Di dalam Agama TAO memang dikatakan bahwa segala sesuatu adalah ciptaan TUHAN/TAO.    Begitu juga dengan sifat “Shan” dan “Ek” (Baik & Jahat).   Karena TAO menciptakan semuanya dimulai dari Yin Yang, maka semua yang ada juga selalu punya dua sifat itu.   Termasuk juga di dalam diri manusia, ada sifat baik dan sifat jahatnya.   Nah, “Sifat Jahat” itulah yang dianggap sebagai “Setan” yang bersarang dalam diri kita.

Kalau diperluas. maka dalam lingkungan hidup kita tentu mudah dijumpai adanya hal2 yang merusak dan hal2 yang membangun.   Yang merusak itulah yg dikatakan sebagai yang mewakili sifat dari “Setan”, begitu seterusnya !!!    Namun apakah “Setan” itu berwujud seperti mahluk tertentu ???    Wah… itu kita anggap saja sebagai rahasia langit sementara ini yah……  Ha… ha… ha…

Kalau ada Ajaran Agama tertentu yang mengatakan “Setan” itu merupakan sosok seperti Malaikat Jahat, maka itu sudah tidak sesuai dengan pengertian bahwa TUHAN MAHA KUASA dan MAHA TAHU.   Bayangkan, kalau TUHAN itu memang MAHA KUASA dan MAHA TAHU, tentu tidak akan ada “Setan” yang datang minta izin Nya untuk menggodai manusia.

Apalagi katanya sih… TUHAN sampai marah besar kepada orang2 yang tergoda oleh “Setan” !!!   Ha… ha… ha…   Lha, wong MAHA TAHU, tentu TUHAN sudah tahu duluan kalau banyak manusia yang justru ngak tahan godaan.   Kenapa masih harus marah, bukannya TUHAN SUDAH TAHU SEBELUM SESUATU AKAN TERJADI !!!   Jadi, Ajaran demikian itu tentu sangat janggal dan kontradiktif sekali dengan sifat TUHAN yang selama ini kita ketahui !!!

Kalau menurut pakar Psikologis, dikatakan bahwa Jiwa Manusia itu terdiri ID (nafsu2 alami) ; Ego (aku) dan Super ego (spiritual), nah ID itulah yang dikatakan sebagian merupakan sisa2 sifat “Kebinatangan”.   Yah… karena binatang juga punya sifat nafsu2 alami yang mirip dengan sifat nafsu alaminya manusia.   Sehingga ada yang menghubungkan bahwa manusia itu merupakan hasil evolusi dari “sejenis” binatang tepatnya “Kera”.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa semua keinginan yang bertentangan dengan etika sosial masyarakat itu, biasanya disebut sebagai keinginan “Kebinatangan”.   Dan ini yang kita sepakati sebagai “NIAT” jahat, yang akan menimbulkan terlaksananya suatu “PERBUATAN” jahat !!!.   Ha… ha… ha…

Kalau menurut Teori Yin Yang, maka ada TUHAN tentu ada HANTU ………. Ha… ha… ha…   Namun itu hanya sekedar permainan kata2 saja lho !!!    Soalnya TAO itu kan mutlak/absolut, tentu tidak ada kebalikannya.   Bukankah TAO yang menciptakan Yin Yang dan semua yang ada ini ???    Namun kalau misalnya ada sejenis mahluk yang bukan manusia dan hidup di “dimensi lain”, katakanlah istilahnya itu “SETAN”, maka mungkin saja ada.   Oleh karena itu di dalam Agama TAO, dunia kehidupan juga dibedakan dalam Alam YIN (setelah meninggal) dan Alam YANG (ketika masih hidup).

Kalau dimensi Alam YIN yah… termasuk Roh/Ling Huen, dsb itu.   Itupun masih dapat dibedakan lagi, antara Roh yang baik, Roh yang gentayangan, Roh yang jahat, dsb.   Nah… Roh2 yang mengganggu manusia inilah yang mungkin disebut sebagai “Setan” bagi umat Agama lainnya.

Namun terlepas dari semua penjelasan di atas, sepertinya sistim dimensi yang dibedakan antara YIN dan YANG itu memang diperlukan untuk menunjang sifat KeMAHA ADILAN dan KeMAHA KUASAAN serta KeMAHA ESA-an dari TUHAN/TAO.    Coba lihat semua cerita2 setan atau kisah malaikat yang ada disetiap Agama, yah… tak lain hanya muter disekitar teori YIN YANG ini.    Ha… ha… ha…

Dalam Agama TAO selalu mengutamakan keseimbangan yang adil, jadi bisa saja kalau ada orang yang semasa hidupnya banyak menganiaya orang lain dan orang2 yang teraniaya itu ngak sempat memperoleh “Keadilan” semasa kehidupannya.   Mungkin saja dia akan diberikan “kesempatan” untuk memperoleh “Keadilan” ketika dia sedang berada di Alam Yin.

Oleh karena itu, dikatakan bahwa orang yang sering bertemu/melihat setan, biasanya ada “alamat” (pertanda) tidak baik, apalagi kalau ternyata yang “datang” itu ingin minta pelunasan hutang2nya.    Ha… ha… ha…

Nah.. peristiwa seperti inilah sering diputar balikkan bahwa yang “datang menagih hutang” itu adalah Setan Gentayangan.    Ha… ha… ha…   Padahal peristiwa itu yah… hanya sebuah “sistim” yang berlaku, baik bagi Alam YIN maupun Alam YANG.   Sehingga bagi Umat TAO, kalau menghadapi situasi seperti ini, punya semacam ritual yang bisa digunakan untuk mencarikan solusi yang terbaik, untuk mencapai “Keseimbangan” yang adil !!!

Tags: , , , , , , , , , , , ,  

2 Comments

  1. ternyata yinyang itu keren ya…..! aku gak nyangka , kalo dari dulu hal seperti ini ada.

    Reply

  2. sebenarnya naif kalo bilang setan itu menggoda manusia,,setan gak pernah menggangu manusia tapi sebenarnya manusia la yang tergoda dengan nafsu dan keinginan nya sendiri..mana mungkin Tuhan mencipta sesuatu yang untuk mencelakakan manusia??yang ada adalah manusia sendiri yang tergoda dengan nafsu nya sendiri..

    Reply

Leave a Reply