Bagaimana Pola Pikir Mempengaruhi Siutao Kita ??

Bagaimana Pola Pikir Mempengaruhi Siutao Kita ??

Ciangtao SS YH

Minggu, 10 April 2011

Apa yang sebenarnya kita cari dalam kehidupan kita di dunia? Pastinya lima rejeki. Bagaimana kita bisa mendapatkan 5 hal di atas? Syaratnya yaitu kita harus memiliki :

 

1. Fisik yang baik

Fisik yang baik menunjang semua kegiatan yang kita lakukan sehari-hari. Bayangkan kalau fisik kita tidak baik, selalu sakit-sakitan, bagaimana kita bisa mendapatkan kelima rejeki di atas? Punya banyak harta tapi sakit-sakitan, apakah itu ada gunanya? Tentunya kita harus menjaga fisik kita dengan baik dengan terus latihan lien kung.

 

2. Moralitas yang baik

Moralitas juga mempengaruhi bagaimana kita bisa mendapatkan kelima rejeki di atas dengan baik. Kita bisa saja jualan obat-obatan dan cepat menjadi kaya, lalu apakah itu baik buat kita? Tanpa moralitas yang baik, pandangan orang ke kita juga menjadi tidak baik. Orang lain akan menjauhi kita.

 

3. Keluarga yang baik

Dengan adanya keluarga yang baik, pastinya juga akan menunjang kita dalam Siutao kita. Coba bayangkan jika dalam keluarga kita semuanya saling ribut.

 

Ketiga hal di atas juga tentunya bisa kita dapatkan dengan bagaimana pola pikir kita dalam kehidupan kita. Misalnya saja ada seseorang yang sudah terbiasa menggunakan jam tangan di sebelah jam kanan, apabila suatu hari nanti kita memintanya untuk menggunakan jam tangan di sebelah kiri, apakah ia mau melakukannya? Tentu saja ia tidak mau melakukannya. Itu dikarenakan dia sudah merasa nyaman menggunakan jam tangan di sebelah kanan dan jika ia menggunakannya di sebelah kiri, ia merasa tidak nyaman. Hal ini dikarenakan, sudah ada pola pikir pada dirinya yang mengatakan kalau memakai jam di tangan kanan lebih nyaman. Lalu kenapa ia tidak berpikir untuk mencoba memakai jam di tangan kiri?

 

Begitu juga kita belajar dalam Siutao. Latihan untuk lien kung misalnya. Jika kita di taokwan misalnya kita latihan lien kung bersama selama 1 jam, apa yang dirasakan? Tentunya yang dirasakan adalah waktu terasa berjalan lama sekali? Kenapa? Itu dikarenakan kita mungkin terbiasa latihan hanya selama 30 menit atau mungkin kurang. Lalu ketika kita disuruh latihan 1 jam, maka waktu terasa lama sekali. Itu dikarenakan juga karena pola pikir kita ke waktu koq lama sekali. Lantas juga, ketika kita kemudian bisa latihan menjadi 1 jam, apakah lien kung kita juga sudah berhasil? Apa yang kita dapatkan dalam lien kung selama 1 jam itu? Jika tidak mendapatkan apa-apa, lantas untuk apa kita duduk selama 1 jam? Kalau yang kita tahu selama kita lien kung cuman gerak-gerak badan, kalau cing co cuman tutup mata saja? Tanpa tahu apa yang harus kita lakukan selama kita lien kung. Semua itu juga karena pola pikir kita, jika kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan, apakah kita mau belajar untuk bertanya? Mau rajin datang ke taokwan untuk mendengarkan Ciang Tao?

 

Otak kita yang menimbang semua masukkan yang ada, tapi hati kita yang memutuskan mana yang benar mana yang tidak. Kita biasanya hanya membiarkan keadaan yang datang dari luar, tanpa kita bereaksi pada keadaan kita. Kita terbiasa hanya untuk bisa menerima saja, tanpa kita yang bisa memutuskan yang terbaik untuk diri kita. Dalam siutao, kita harus mempunyai pola pikir yang bisa memilih yang terbaik untuk diri kita. Kita harus mempunyai 1 sikap yang menjadikan pendirian kita.

 

Untuk kita bisa menjadi maju, tentunya kita harus belajar. Bagaimana kita bisa belajar dengan baik, tentu saja kita harus punya kepercayaan diri. Tanpa kepercayaan diri, orang tidak akan bisa sukses dalam belajar. Kata-kata seperti, “Yah, kayaknya bisa deh”, “Hhmm, saya coba dulu deh”, “Saya gak yakin kalau saya bisa”, itu merupakan kata-kata dari orang yang tidak percaya diri dan pesimis. Kata-kata seperti itu akan membuat seseorang tidak berhasil dalam belajar. Seharusnya orang yang percaya diri untuk belajar, seharusnya mengatakan, “SAYA PASTI BISA”. Selain itu dalam belajar, orang juga harus punya kemauan. Tanpa kemauan untuk belajar, orang tidak akan bisa maju.

Tags: , , , , , , , , , ,  

Leave a Reply