Badan Halus/Roh/Yuan Shen

Badan Halus/Roh/Yuan Shen

Struktur Badan Halus/Yuan Shen
Yuan Shen adalah terminologi di dalam Ajaran Tao untuk menjelaskan kondisis roh yang ada di dalam tubuh manusia. Di dalam Ajaran Tao, Guru Tao di masa lalu telah menemukan bahwa ada 10 bagian badan halus/roh manusia.

Beberapa Agama/aliran kepercayaan, memiliki konsep serupa, misalnya;
- Dalam Kristen, mereka hanya menemukan 1 bagian saja.
- Dalam tradisi Hawaii, mereka menemukan 7 bagian saja.
- Muslim, mereka menemukan 5 bagian saja.
- Dalam keyakinan Yunani, mereka hanya menemukan 3 bagian saja, yaitu: pikiran, jiwa, dan roh.

Tetapi menurut Ajaran Tao, Roh (Yuan Shen) terdiri dari 10 bagian. Roh Manusia terdiri dari 2 bagian, yaitu:
A. Hun; Mewakili Unsur Yang; memiliki 3 inti (San Hun):
1. Shuang ling.
2. Tai Guang.
3. You Jing.

B. Po; Mewakili Unsur Yin; memiliki 7 lapisan (Qi Po):
1. Shigou
2. Fushi
3. Queyin
4. Tunzei
5. Feidu
6. Chuhui
7. Bichou

Kematian terjadi ketika ketiga Hun meninggalkan tubuh kita pada waktu yang sama. Namun, jika hanya satu atau dua Hun saja yang keluar dari tubuh, maka orang tersebut akan segera jatuh ke dalam keadaan koma/tidak sadarkan diri, karena Hun mengontrol kemampuan psikologis/kesadaran kita.

Tidak seperti ‘proyeksi astral Barat’ (visualisasi saja), Ajaran Tao memiliki metode untuk membuat ketiga Hun meninggalkan tubuh untuk pergi ke suatu tempat. Hasilnya adalah kematian yang sementara (artinya memang jantung berhenti berdenyut) dan praktisi benar-benar meninggalkan tubuh dan mati, untuk pergi beberapa tempat yang jauh dan kemudian dapat kembali ke tubuhnya lagi sesudah perjalanan tersebut.

Di bidang yang lain, jika Po hilang atau mungkin tidak seimbang, maka orang akan kehilangan kendali atas tubuhnya. Artinya akan terjadi disfungsi kesehatan fisik.

Manusia memiliki 3 Hun, sementara hewan hanya memiliki 2 Hun dan tanaman hanya memiliki 1 Hun.

Kehidupan setelah kematian yang pemanen.  Setelah kematian terjadi, tubuh fisik akan kembali ke Ibu Pertiwi (dikubur atau dikremasi), dan keseluruhan dari 10 bagian tubuh halus/roh (San Hun Qi Po) kembali ke Asalnya (Tian Tang?).

Ketika seseorang berhasil menyatukan ke-10 bagian rohnya (3 inti dan 7 lapisan/San Hun Qi Po) pada saat masih hidup, maka rohnya akan memiliki kemampuan untuk melampaui alam fana menuju pada Kehidupan Abadi dan menjadi Xian.

Begitu roh-roh tersebut menjadi abadi, mereka akan menerima posisi/jabatan/tugas tertentu sebagai Xiao Shen Xian dari Yu Wang Da Di/Thai Shang Lao Jun. Misalnya, untuk menyebarluaskan Tao demi keselamatkan umat manusia. Jika tugas tersebut berhasil dilaksanakan, maka para Xiao Shen Xian tersebut akan menerima promosi jabatan sebagai hadiahnya. Promosi jabatan tersebut akan menentukan peringkat yang dicapai untuk setiap periode tugas tertentu.

Reinkarnasi/Kelahiran Kembali
Penyebab terjadinya reinkarnasi adalah kegagalan menyatukan 3 inti dan 7 lapisan roh (San Hun Qi Po).
Hal ini akan menyebabkan terpisahnya roh-roh tersebut setidaknya menjadi 2 bagian atau maksimal 10 bagian dan kembali dilahirkan ke dunia. Oleh karena roh/yuan shen memiliki 10 bagian, beberapa dari mereka ada yang kuat, beberapa dari mereka ada yang lemah pula. Oleh karena itu, ketika bagian roh yang lemah memasuki janin, maka bayi tersebut akan tumbuh menjadi orang lemah yang tidak sehat dan akan memiliki hidup yang pendek. Bagian yang kuat akan terlahir kembali dan menjadi manusia sehat yang memiliki umur panjang.

Inilah sebabnya mengapa kadang-kadang ada 2 orang identik yang mirip meskipun tidak ada hubungan darah/biologis.

Manfaat Memupuk Amal Kebajikan/Gong De.
Akumulasi Gong De yang dapat dikumpulkan selama kehidupan sebelumnya akan memainkan peran utama dalam kondisi kehidupan yang baru, misalnya; terlahir di keluarga kaya/miskin, siapa yang menjadi teman/musuh, hubungan-hubungan yang lainnya, dll.

Ketika seorang Praktisi Tao meninggal dunia, maka segala sesuatu yang sudah mereka pelajari, termasuk semua teknik pengolahan diri dan kemampuan supranatural yang telah mereka capai, tidak akan hilang/lenyap.

Inilah sebabnya, mengapa kadang-kadang ada orang yang sudah memiliki kemampuan supranatural ketika mereka dilahirkan kembali. Itu semua  adalah akumulasi dari pengolahan diri yang pernah dicapai pada  kehidupan sebelumnya. Orang-orang tersebut mungkin akan meneruskan kembali perjalanan Xiu Taonya di kehidupan berikutnya, tergantung pada kejodohan masing-masing.

Tetapi jika sudah dilahirkan kembali dan tidak mengolah diri, tidak belajar dan tidak pula meningkatkan kemampuan rohnya, maka seiring berlalunya waktu andaikan memiliki kemampuan bawaan, dengan sendirinya kemampuan tersebut akan terus menurun dan lenyap. Dan hasilnya bisa lebih buruk lagi di kehidupan berikutnya.

Sumber : http://shunyeung.blogspot.com/
Diterjemahkan secara bebas oleh Li An.

Tags: , , , , , ,  

Leave a Reply