Asal muasal lambang TAICHI

Asal muasal lambang TAICHI

Diambil dari arsip diskusi di http://www.siutao.com

Diskusi antara Longhu dan SHAN MAO, pada 3rd December 2003

 

 

Ada yang mengatakan bahwa kata Taiji pertama muncul pada Buku Perubahan, I Ching, pada masa Dinasti Zhou. Tertulis: “Dimana ada Taiji, disana ada kedamaian dan harmoni antara positif dan negatif“.


Seperti kita ketahui bahwa orang Tionghoa biasanya menyebut dirinya sebagai anak-cucu dari YEN (Dewa Matahari) dan Kaisar Huang (Kaisar Kuning).  Ceritanya, pada permulaan terjadinya dunia ini, manusia2 selalu hidup dalam kesengsaraan karena diganggu terus oleh setan Chi You, terpaksalah Kaisar Huang turun membasmi Chi You. Ketika sedang panas2nya perang,  Chi You menggunakan sihirnya sehingga kabut tebal mengelilingi pasukan Kaisar Huang, sampai kehilangan arah…. Kaisar Huang lalu membuat ZHI NAN CHE (Kereta penunjuk arah) = Kompas pertama di dunia, sambil memimpin pasukannya untuk keluar dari kabut tebal musuh !

Singkat kata, Kaisar Huang berhasil membasmi Chi You, selanjutnya Kaisar Huang mulai mengajari manusia2 di bumi ini untuk membuat rumah, memasak beras jadi nasi, Isteri Kaisar Huang (Lei Zu) mengajari orang untuk memelihara ulat sutra dan memintal benang dari sutra untuk membuat baju dsb.   Lama2 mulailah terbentuk suatu peradaban yang semakin maju.   Suatu ketika Kaisar Huang sedang memberikan ceramah pada masyarakatnya, ada yang menanyakan soal asal usul Sang Kaisar ……..  Kaisar berpikir sejenak, lalu sambil tersenyum beliau menggambarkan dua ekor ikan yang saling berkejaran di dalam satu lingkaran, sambil berkata bahwa Beliau berasal dari sumber yang tidak bisa dicari awal dan akhirnya yaitu TAO !

Hal ini oleh Pengikutnya yang bertugas membuat kata2 Tionghoa (yaitu Cang Jie), dicatat sebagai betuk bulatan yang di tenga2nya ada garis meliuk seperti huruf “S” ditambahkan dengan  dua titik yang melambangkan “Dua Ikan” dan menunjukkan arti kata TAO !    Itulah asal mula lambang DAI CHI yang paling awal yang saya ketahui dari legenda sejarah awal terjadinya Bangsa Tionghoa !

Tags: , , , , , , , , , , , , ,  

2 Comments

  1. Mantap nih artikelnya.
    Jiayu!

    Reply

  2. Benar2 mantab!

    Reply

Leave a Reply