Nama LAO JUN SHAN merupakan pemberian dari Raja LI YAN.

Diambil dan diedit dari arsip diskusi di http://siutao.com
Diposting oleh SHAN MAO, pada November 2007

Ta Chia Siek Tao Hao,

Hallo semuanya, ternyata Gunung LAO JUN SHAN dulunya bernama “Qing Shi Shan”.   Karena NABI LAO ZI pernah bertapa/SIUTAO digunung ini, maka pada zaman Dinasty DHANG (Raja DHANG GAO ZU/LI YAN) memberikan perintah untuk merubah nama gunung itu menjadi LAO JUN SHAN.

Selain itu, ditempat ini dulunya banyak terdapat prasasti peninggalan Dinasty DHANG, sayangnya sekarang tinggal tidak sampai separuhnya, karena telah banyak mengalami kerusakan, baik disebabkan oleh peperangan, maupun pencurian.

Yang menarik, ada sejarah yang mengatakan bahwa sejak zaman Raja Dhang Gao Zu (Li Yan), di Tiongkok memang sering terjadi percekcokan antara Agama TAO, Buddha dan Kong Hu Cu, mengenai siapa yang lebih tinggi kedudukannya sebagai AGAMA NEGARA ???

Tercatat bahwa Raja Dhang Gao Zu pernah sampai tiga kali mengadakan rapat umum, dengan memanggil Tokoh2 dari Ketiga Agama tsb, untuk berdebat dan berdiskusi, akan tetapi selalu saja tidak mendapatkan hasil yang bermanfaat !!!

Sampai pada pada akhirnya, Raja Dhang Gao Zu memutuskan bahwa, Sakyamuni saja telah bertapa dalam waktu sekian lama tapi tidak berhasil menjadi Buddha, sampai pada akhirnya…  setelah Beliau SIUTAO selama 6 tahun, baru berhasil menjadi Buddha.

Oleh karena itu, menurut Raja Dhang Gao Zu : “TAO melahirkan FO, FO lahir dari TAO, TAO adalah Sefu dari FO, FO adalah murid dari TAO”.    Raja Dhang Gao Zu masih menyitir beberapa Ajaran FO, seperti “DI JIE DA DAO, FA WU SHANG YI” dan beberapa kalimat dari dalam Bahasa Sansekerta, serta mengartikannya sebagai “WU SHANG DA DAO”.    Akhirnya…, Raja Dhang Gao Zu menyimpulkan bahwa AGAMA TAO lebih tepat sebagai AGAMA NEGARA DINASTY DHANG !!!

Kita memang tidak perlu terlalu mementingkan catatan sejarah ini, cukup untuk sekedar kita ketahui saja !!!     Namun berdasarkan catatan sejarah ini, telah membuktikan kepada kita bahwa ternyata sejak zaman Dinasty DHANG, sudah ada bibit2 pertikaian antara AGAMA TAO yang merupakan AGAMA Asli yang lahir di daratan Tiongkok, dengan AGAMA Buddha yang masuk dari India sebagai Agama Import.   Namun tetap berada didalam jalur demokrasi yang dibina oleh Raja DHANG GAO ZU.

Nah…, jika sekarang ini kita melihat adanya pertikaian antara agama2 yang ada didunia, maka jelas bahwa didalam hal keagamaan, ternyata manusia tidak banyak mencapai kemajuan apa2 !!!    Oleh karena itu, Para Taoyu harus lebih waspada, jangan mudah terpancing oleh fitnah2 yang bertebaran, terutama fitnah yang menyerang AGAMA TAO kita ini.

Kita harus terus bekerja keras tanpa pamrih, terus berusaha menggali semua potensi yang terpendam selama ini.   Sebar luaskan Ajaran Agama TAO yang Murni, dengan membuang segala pandangan2 keliru dan usang, serta membuang segala bentuk ketahayulan yang sampai dengan saat ini masih saja dianut/di’amini oleh sebagian saudara2 kita sesama Penganut Agama TAO. Seperti yang telah diamanatkan dalam “Kongres Agama TAO” di MAO SHAN beberapa tahun yang lalu !!!

Hidup AGAMA TAO, Hidup DAI SHANG MEN (Xiao Yao Pai) !!!

Salam Hangat TAO

XIE SHEN EN

Tags: , , , , , , , , , , , , ,  

Leave a Reply