Mencapai TAO = TEK TAO

Diambil dari arsip diskusi di http://siutao.com
Diskusi antara Froogle, Reds Dragon, FOX, Conan, SHAN MAO, Klasik dan C3R4N, pada Desember 2007.

Katanya kalau mencapai TAO = TEK TAO !!!    Yang saya ingin tanyakan adalah TAO yang dicapai itu TAO yang bagaimana ???    Dimana TAO-nya ???

Sebaiknya anda belajar untuk mengetahui terlebih dahulu, apa maksud dari kata “TAO” yang terdapat di dalam Pemahaman Ajaran Agama TAO ? 
Kata “TAO” memiliki tiga arti, yaitu :

1. “TAO” yang berarti TUHAN = Dzat yang Maha Agung ; Maha Pencipta serta Maha2 lainnya.   Kalau kata “TAO” yang ini, tentunya mengandung pengertian : “TAO KE TAO FEI CHANG TAO” seperti yang terdapat di dalam Kitab SUCI TAO TEK CING pada BAB I.    Kata “TAO”, tidak dapat dijelaskan oleh kata2 yang dikuasai atau dipahami umat manusia.

2. DA TAO = TAO ALAMIAH = Hukum dan Peraturan2 yang berlaku kekal di dalam “Alam Semesta”.    Peraturan2 ini mewakili sebagian dari Sifat TAO = TUHAN, yang bisa dipelajari oleh umat manusia.    Nah…, yang dikatakan TEK TAO bagi manusia adalah menyatunya (manunggal) diri dan kembali kepada-NYA = TAO, namun jangan sombong dulu…, paling banter…  kita hanya bisa mendapatkan atau mendekati sifat2 dari DA TAO ini saja.

3. REN TAO = TAO-nya Umat Manusia = Hukum dan Peraturan2, termasuk Tatakrama, Adat Istiadat yang diciptakan oleh umat manusia, dalam rangka menjaga ketertiban dalam menjalani hidup bermasyarakat.    Nah…  disinilah yang harus sangat2 kita perhatikan, sebab… dari sinilah awal kita bisa mengatakan bahwa umat manusia secara step by step bisa mencapai “TEK TAO”.

Misalnya…, di dalam mengarungi kehidupan, seseorang sudah berhasil membina sebuah keluarga yang harmonis, maka pada tahapan ini dia sudah bisa dikatakan berhasil (TEK TAO) dalam bidang kehidupan Berkeluarga.    Tentu orang ini dibandingkan orang yang tidak berkeluarga, “Nilai” SIUTAOnya jelas lebih tinggi dong !!!

Nah… dengan dasar ini, kalau dia bisa terus melaksanakan SIUTAOnya dan bisa mendapatkan kemajuan2 di dalam pengertian2 atau pemahaman2 Ajaran Agama TAOnya, maka dia akan mulai memikirkan bagaimana caranya agar dia dapat memberikan atau menyalurkan “Kemuliaan” (keteladanan) dirinya, untuk kemajuan masyarakat di sekitarnya juga !!!!    Itu termasuk “SIEN YANG ZHEN TAO” dalam kehidupan bermasyarakat !!!

Begitu seterusnya…, sehingga lama kelamaan… keteladan dirinya itu, akan bisa diteladani juga oleh seluruh umat manusia di muka bumi ini.    Ini juga masih termasuk dalam tahapan untuk mendapatkan TAO (TEK TAO)  tapi scopenya sudah lebih luas lagi khan ???    Begitu seterusnya… sepanjang masa kehidupannya, maka pada akhirnya… dia bisa disebut TEK TAO, walaupun sesungguhnya hanya TEK DA TAO saja dan kembali ke asalnya (TAO).

Oleh karena itu, yah… ngak usah pusing lha dengan istilah TEK TAO, silahkan menjalankan kehidupan ini sesuai dengan ajaran yang benar dari Ajaran AGAMA masing2.    Mudah2an “nanti”nya bisa bertemu dengan TUHAN yang sesungguhnya sesuai dengan Ajaran Agama kita masing2.

Kesimpulan, “Memegang teguh TAO-nya, sampai akhir hayat”, merupakan suatu upaya yang harus kita laksanakan dan pertahankan sepanjang perjalanan hidup kita di dunia ini.

Untuk menuju ke sana…, langkah pertamanya adalah perubahan ke arah “Cen San Mei” harus pula dijalani, seperti :
1. Fisiknya (jasmani) harus baik, sehat dan tidak sakit-sakitan.
2. Mentalnya juga harus baik, berubah ke arah kebajikan yang lebih baik lagi.
3. Sukmanya (rohani) juga harus baik, yang berarti proses lienkungnya juga harus diperhatikan untuk memperkuat sukma.
4. Kehidupan berkeluarga, harus bisa dijalankan secara harmonis.
5. Memberikan sumbangsih dan kontribusi “kemuliaan” diri, untuk kemajuan lingkungan masyarakat sekitarnya dan bisa menjadi teladan bagi masyarakat.    Salah satunya “WU CI WU REN” dan “SIEN YANG ZHEN TAO”.

Kelima point di atas adalah dalam kerangka REN TAO = TAOnya umat manusia.    Selanjutnya dari REN TAO, kita menuju ke tahap DA TAO (TAO Alamiah) yang kekal dan abadi.    CEN SHAN MEI berarti sempurna. Dimana CEN/ZHENG berarti asli ; murni ; apa adanya ; tidak pakai topeng ; lurus dan tidak bengkok.    Sedangkan SHAN : berarti mulia dan luhur ; tidak jahat ; suka menolong atau welas asih, dsb2.    Kalau, MEI berarti cantik ; menawan ; bagus, dsb2.    Nah…, kalau ketiga kata itu digabungkan menjadi CEN SHAN MEI, maka artinya bisa anda bayangkan sendiri deh… seperti apa gituh !!!    Ha… ha… ha…

Tags: , , , , , , , , , , , ,  

Leave a Reply