Ada dua jenis keberanian (Menurut Meng Zi)

Diambil dari arsip diskusi di http://siutao.com
Diskusi antara SHAN MAO, Mirianto, Sponbob, FOX, Kera Sakti, Nan_S, pada Desember 2007.

mengzi3

Hallo rekan2 semua, di dunia ini banyak orang yang mengaku bahwa dirinya tidak takut kepada siapapun, alias pemberani !!!   Begitu juga menurut MENG ZI dan beliau membagi sifat keberanian manusia menjadi 2 kutub, yaitu “KEBERANIAN BESAR” dan “KEBERANIAN KERDIL”.

Bagi kita sebagai umat TAO, mestinya bisa menyadari hal ini secara benar.    Dengan demikian orang2 bisa memahami Ajaran NABI LAO ZI tentang “Sifat Lembut” bukanlah penakut yang sesungguhnya, sifat keras bukannya pemberani yang sesungguhnya.   Hanya orang2 yang mengetahui dan teguh terhadap “ZHEN LI”lah yang bisa menjadi “Pemberani Yang Besar” (memiliki keberanian besar). Ha… ha… ha…

Meng Zi adalah pemikir luar biasa pada zaman negara perperangan Tiongkok (abad ke-5 ~ abad ke-3 sebelum masehi).   Meng ZI bernama Meng Ke, lahir pada abad ke-4 sebelum masehi, ia adalah orang dari Negara Zou.

Sebagai contoh, misalnya ada orang yang ngak bisa berenang, trus dia melihat ada orang yang hampir tenggelam, nah… karena merasa kasihan dia nekat buat nolongin itu orang. Kalau yang ini termasuk keberanian apa bukan ?

Biarpun hanya bermodal nekat…, itu termasuk keberanian juga lho !!!   Tapi…., itu bisa dibilang termasuk orang yang benar2 berani… berani untuk secepat2nya bertemu dengan “Giam Lo Ong”.    Ha… ha… ha…

Contoh yang diberikan itu memang sering terjadi, karena manusia itu banyak yang “tidak tahu diri”, tidak bisa mengenali kemampuan diri sendiri !!!   Itulah sebabnya, didalam SIUTAO kita selalu dianjurkan untuk dapat menemukan “Aku”nya, yaitu “Mengenal Diri Sendiri” dulu.

Dengan contoh itu, jelas Keberanian Agung/Besar memang sering sudah ada di dalam “Hati Nurani” setiap insan manusia, tinggal sekarang tergantung dari manusianya itu sendiri, kalau seseorang itu telah kerasukan setan keserakahan terhadap MING & LI, maka dia akan merusak “Keberanian Besar”nya dan menjadi “Keberanian Kerdil” yang banyak kita lihat di sekeliling kita.

Tapi dari pada bingung, kita ambil contoh yang lebih kongkrit saja yah !!!    Kita pasti pernah belajar sejarah tentang “Peristiwa 10 November” yang terjadi di Kota SURABAYA.    Dimana ketika itu tentara Belanda mendompleng tentara Sekutu serta berniat untuk kembali menjajah Indonesia.   Singkatnya, para agressor itu menyerang kota Surabaya dan dalam pertempuran ini jelas ada 2 macam keberanian :

- Satu adalah keberanian Tentara Belanda untuk menyerang kota Surabaya.
- Satunya lagi adalah KEBERANIAN masyarakat Surabaya dibawah pimpinan BUNG TOMO berjuang melawan Tentara Sekutu dan Belanda.

Akhirnya… seperti yang telah sama2 kita ketahui, yang menang itu yah… Arek2 SUROBOYO.   Nah, dari contoh diatas mana yang bisa dikatakan mempunyai Keberanian yang berkualitas BESAR, kenapa bisa demikian ?

Yang punya keberanian berkualitas besar adalah Bung Tomo cs, karena sudah sadar bahwa secara persenjataan mereka itu kalah dahsyat, tapi… karena demi mempertahankan Kemerdekaan dan mempertahankan Kota Surabaya dari para agressor2, maka… walaupun hanya bermodalkan keberanian plus keyakinan untuk menang…  pada akhirnya Bendera Merah Putih bisa berkibar di atas Hotel Oranye.

Rakyat Surabaya, punya keberanian untuk mempertahankan kemerdekaan, karena kemerdekaan adalah hak yang paling mendasar bagi setiap bangsa di muka bumi ini.    Keberanian BUNG TOMO CS berkualitas sangat mulia/besar, karena mereka menggenggam CENG LI / ZHEN LI (KEBENARAN yang sesuai dengan TAO).

Sedangkan Belanda, hanya mempunyai keberanian yang berkualitas kerdil, karena mereka MBO CENG LI (menginjak-injak KEBENARAN).   Itulah inti sari yang membedakan apakah keberanian seseorang berkualitas besar atau kerdil.

Selanjutnya, berani hidup… berarti harus berani menjalankan kehidupan ini sampai selesai…    Bertanggung jawablah terhadap segala tindakan yang kita lakukan, berpikir matang sebelum mengambil sesuatu keputusan, bijaksanalah dalam bertindak, tidak hanya mementingkan ambisi diri sendiri saja !!!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,  

Leave a Reply