DA TAO RU XING, . . .

Diambil dari arsip diskusi di http://siutao.com
Diskusi antara SHAN MAO, Pringdadi, Chang dan Sponbob, pada Januari 2008.

Hallo rekan2 semuanya, di bawah ini ada satu ungkapan yang mungkin bisa menjadi cambuk buat kita agar bisa SIUTAO dengan lebih benar lagi !!!

大 道 如 硎 , 善 行 者 逸 ; 大 道 如 砥 , 跛 者 行 疲。
(DA TAO RU XING,   SHAN XING ZHE YI,    DA TAO RU DI,    BO ZHE XING BI)
Artinya, DA TAO seperti batu asahan pisau, yang pandai berjalan terasa sangat nyaman ; DA TAO masih tetap seperti batu asahan pisau, namun akan terasa lelah ditapaki bagi orang yang pincang kakinya.

Arti Ungkapan ini adalah “Jalan besar yang bagus bisa diibaratkan dengan jalan yang permukaannya seperti permukaan batu asahan pisau, yaitu rata dan lurus.   Bagi orang yang pandai berjalan, akan terasa sangat santai dan nyaman berjalan diatasnya.   Namun tidak demikian bagi orang yang cacat kakinya atau pincang, dia tetap akan merasa lelah sekali bila disuruh berjalan di atasnya”.

Jadi…  sama2 berjalan di atas jalan tol yang rata dan lurus, namun perjalanan itu… bagi setiap orang akan berbeda rasanya, karena masing2 orang memiliki “Kompetensi”, “sifat jiwa” dan “mental”, bahkan genetik yang berbeda-beda.

Contoh lain :  Dalam alam semesta, Matahari bersinar yah… sudah seperti itu adanya !!!    Tidak pandang bulu !!!    Kalau di pantai KUTA misalnya, orang2 ngak bisa memohon kepada Sang Matahari : “Tolong Matahari… kalau menyinari saya… sinarnya tolong agak diredupkan sedikit !!!”   Kenyataannya… kalau orang2 berkulit terang, pasti tidak akan tahan untuk berlama2 di bawah Sinar Matahari (kulitnya mudah terbakar terkena sinar matahari !!!), dibandingkan dengan orang2 yang berkulit hitam !!!

Kenapa ???     Itulah rahasia alam !!!    Makanya jangan manja, INGIN MERUBAH CARA MATAHARI BERSINAR… APALAGI MENGAJARI MATAHARI CARANYA BERSINAR !!!.   Tapi… belajarlah lebih pandai dan sedikit menggunakan otak… yaitu gunakanlah krim tabir sinar matahari, sebelum berjemur di bawah teriknya Sinar Matahari.   Ha… ha… ha…

Contoh lain lagi :   Dalam belajar Agama TAO, jangan selalu memendam rasa iri dan dengki, harus lapang dada dan rendah hati, nerimo kalau memang dirinya kurang mampu.   Yah… berusahalah untuk belajar lebih giat dan lebih luas lagi !!!   Jangan malah cuma bisa berkutat dengan mencari-cari kesalahan orang lain saja !!!    Jangan niatnya hanya ingin menonjolkan diri saja !!!    Semua itu jelas… bukan sifat TAO yang sesungguhnya.

Kita harus tahu, bahwa “talenta” dan “kompetensi” masing2 orang itu berbeda2, sedangkan TAO… yah… sudah begitu itu, oleh karenanya mutu dan level SIUTAO seseorang itu sebenarnya bisa dilihat oleh siapapun juga, asalkan melihatnya dengan MATA HATI NURANI.    Salah satu nasehat yang bagus untuk orang2 SIUTAO adalah : “Merubah diri sendiri jauh lebih mudah dan terhormat, dari pada terbelenggu dengan nafsu keinginan merubah orang lain yang sesungguhnya sudah benar SIUTAO nya”.   Ha… ha… ha…

Salam Hangat TAO,

XIE SHEN EN.

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,  

Leave a Reply