Ming dan Li dalam Siu Tao !!!

Diambil dari arsip diskusi di http://siutao.com
Diskusi antara Tjing_Wen, SHAN MAO, Sponbob dan Conan, pada January 2008.

Menyambung pembahasan yang lalu mengenai Umat TAO tidak boleh takut menjadi kaya, yang masih ada kaitannya dengan pertanyaan berikut ini : “Seperti apa MING dan LI “Positif” yang justru harus dipertahankan dan diperjuangkan dalam Siu TAO kita ???

Sebenarnya “MING dan LI” memang diperlukan juga oleh manusia normal, hanya saja kita itu jangan sampai terbelenggu oleh sifat gila akan “MING dan LI” atau sebaliknya kita malahan memusuhi “MING dan LI” !!!     Nah… seharusnya kita mengambil sikap bagaimana… supaya bisa terlepas dari prasangka2 atau pandangan2 keliru yang penuh “KEBODOHAN” dalam hal menilai “MING dan LI” ini !!!

Coba… kita perhatikan sebuah Ungkapan Mandarin yang penuh makna di bawah ini :
? ? ? ? ? ?? ? ? ? ? ? ?? ? ? ? ? ? ? ??
( MENG ZHI TIAN CHU CHANG XING? XING DAO NONG CHU NAN ZHI? BING YONG ZI YI SHI WU CHEN?)

TERJEMAHANNYA?
Sering kali ketika sedang bermimpi seru2nya… tahu2 terbangun, sedang asyik2nya biasanya susah untuk disuruh berhenti, orang yang tidak ada gairah sama sekali biasanya tidak menghasilkan apa2 dalam perjalanan hidupnya.

Dalam sebuah mimpi, biasanya pas sedang seru2nya (seru bahagia ataupun seru takut), tahu2 kita terbangun !!!   Dalam kehidupan nyata (ambil contoh ketika sedang jatuh cinta), biasanya… setelah perasaan cintanya sudah redup, baru berhenti rasa serunya !!!   Padahal kalau dipikir-pikir…  kedua peristiwa itu sama2 disebabkan oleh satu penyebab, yaitu “Perasaan gairah yang sedang menggebu-gebu !!!”    Masalah apakah itu menuju “Sadar”, ataukah malah menuju “Terjerumus” ke dalam jurang, atau apakah itu sesuatu yang sangat bermanfaat ???    Itu merupakan masalah lain lagi !!!

Yang jelas… ini membuktikan bahwa “Hanya orang2 yang punya gairah atau cita2 dan punya keyakinan pada cita2nya dengan teguh, biasanya juga ia memang mempunyai kemampuan jiwa sebagai INVENTOR (penemu)”.    Sehingga pada akhirnya… dia baru bisa berhasil dalam menjalani kehidupannya.     Sedangkan orang2 yang apatis (BING YONG = maunya semua serba kosong melompong),  mereka2 itu justru merupakan jenis manusia2 yang tidak memiliki ketiga kemampuan di atas, oleh karena itu… mereka sama sekali tidak bisa menghasilkan sebuah karya sekecil apapun (yah… hidupnya sama saja dengan sebuah batu yang tanpa perasaan gitulah !!!).    Ha… ha… ha…

Kita harus selalu punya semangat besar, untuk bersaing dalam menciptakan kehidupan yang penuh makna, kehidupan yang berhasil menjadikan diri kita sebagai “Manusia Sejati” !!!    Oleh karena itu, dalam AGAMA TAO ngak ada yang mengajarkan bahwa hidup adalah suatu kesengsaraan !!!   Hanya orang2 yang bodohh… dalam SIUTAO lah, yang selalu saja salah paham dalam menangkap arti kehidupan yang sesungguhnya !!! Ha… ha… ha…

Dengan demikian, sebagai orang TAO kita harus sadar… sadar bahwa Nasib seseorang itu 50% telah ditentukan oleh TAO (sesuai hukum sebab akibat), sedangkan 50% lainnya adalah tergantung dari semangat juang dan “Proses Perjuangan” yang kita lakukan sendiri !!!    Karena itu… banyak sedikitnya rejeki… memang dipengaruhi juga oleh “Garis Tangan” seseorang, begitu juga kans atau “Kesempatan” yang kita peroleh, tidak bisa dipaksa2kan !!!    Sehingga… apa yang kita harapkan, sering kali tidak bisa terpenuhi 100% !!!    Itu… kenyataannya !!!

Bagaimanapun juga sedikitnya suatu kesempatan, kalau diri kita punya “daya juang yang tinggi”, cukup hanya dengan satu kesempatan saja, juga sudah bisa berhasil dalam kehidupan ini, bandingkan saja dengan manusia2 boodoooh yang pada umumnya apatis itu !!!

Sebagai contoh : Dalam sebuah pertandingan sepak bola, ada kesebelasan yang mendapatkan banyak kesempatan menciptakan gool di depan gawang lawannya.   Namun karena para penyerangnya kurang bisa menggunakan kesempatan yang ada, maka yah… cuma memancing kegemasan supporternya saja !!!     Sebaliknya… walaupun pihak musuhnya cuma mendapatkan satu peluang atau satu kesempatan, namun karena para penyerangnya berjuang dengan penuh semangat, serta bisa menggapai kesempatan itu, maka dialah yang memenangkan pertandingan, walaupun cuma dengan 1 gool saja misalnya !!!

Jadi… dalam soal MING dan LI, umat manusia dipersilahkan untuk berlomba menggapainya, asalkan… berlomba2lah sesuai dengan kaidah2 “Alamiah” atau “TAO”, dimana… Nurani harus tetap dipertahankan !!!     Maka… ketika kita berhasil mendapatkannya, kita tidak perlu sampai terlalu kegirangan.   Sementara… ketika kita kehilangan MING dan LI, kita juga tidak perlu sampai terlalu bersedih, biasa2 saja !!!

Sebagai TAOYU… kita semua memang harus bisa jadi teladan, teladan di dalam menjalani hidup dan kehidupan kita di dunia ini.   MING (nama baik) & LI (kekayaan) yang sesuai kaidah2 Alamiah/TAO, harus tetap dicari ; diperjuangkan dan dipertahankan !!!

Entri ini dituliskan pada 23 Mei 2009 pada 2:14 AM dan disimpan dalam Artikel TAO. yang berkaitan: , , , , , .

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,  

Leave a Reply