Fa Zhu Gong

Sering kali kita pergi bersembahyang ke suatu Kelenteng, akan tetapi kita tidak mengetahui “Hikayat” Shen/Shien (Dewa/Dewi) tersebut. Nah, untuk sekedar berbagi.  Terlampir saya tuliskan “Hikayat” FA ZHU GONG yang saya ambil dari buku “Dewa Dewi Kelenteng” terbitan Yayasan Kelenteng Sam Poo Kong, Gedung Batu – Semarang.

Fa Zhu Gong

Fa Zhu Gong adalah salah satu Dewa Tao yang dianggap sebagai pelindung para peramal. Fa Zhu Gong nama aslinya adalah Zhang Sheng Jun (Thio Seng Koen – Hokkian). Hari lahirnya adalah pada tanggal 23 bulan 7 Imlek. Zhang dilahirkan pada jaman Dinasti Song di wilayah Yong – Chun, Propinsi Fujian. Beliau meninggal dunia pada saat berjuang menaklukkan seekor siluman dan kemudian beliau diangkat menjadi Dewa.

Ada yang mengatakan bahwa beliau ini adalah adik kandung Zhang Tian Shi (Thio Thian Su – Hokkian), yang mempunyai keahlian khusus untuk menaklukkan siluman. Oleh sebab itu beliau dianggap sebagai Dewa pelindung Pendeta Tao, Pedagang Teh dan Para Imigran yang berasal dari Wilayah Yong – Chun.

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,  

Leave a Reply