TAO CIA FENG FAN

Diambil dari arsip diskusi di http://siutao.com

Diskusi antara Bro Pink02, Bro Life dan Bro SHAN MAO, pada Agustus 2003.

TAO CIA FENG FAN artinya adalah Keteladanan dari tingkah laku umat yang SIUTAO dengan benar ! Cuma yah… itu tadi, masih banyak yang ngak benar dari pada yang benarnya ! Sudah ngaku2 sebagai orang yang SIUTAO-nya sudah hebat !  ….. he… he… he…      Ada pula yang sengaja dibarengi dengan kelakuan yang aneh2, supaya dianggap bisa Tong Shen dsb …….    Lha yang beginian ini yang disebut sebagai TAO CIA PAI LEI (Pengkhianat TAO)…… he… he… he…

Tao Cia Feng Fan adalah suatu keteladanan Umat TAO yang diwujudkan melalui tingkah laku dalam kehidupan sehari-harinya, dimana keteladanan ini akan menjadi ciri/image yang bisa dirasakan dengan nyata didalam masyarakat.    Dan ini bukan doktrin……   he…  he…  he…     Mungkin saja yang bisanya ngawur didalam kehidupannya akan menganggap ini doktrin….    Tapi ini adalah istilah dan pengertian yang harus dijalankan, bagaimana mewujudkannya ?      Dan mengapa harus diusahakan untuk diwujudkan ?    Itulah yang menjadi intinya.

Untuk mewujudkannya yah harus mempunyai kemauan yang kuat untuk melaksanakannya, sedangkan mengapa harus diwujudkan yah karena kalau tidak, apa artinya dia Siutao, bukankah begitu ?    Yang namanya SIUTAO yah… sedapat mungkin harus mau menjalankannya di dalam kehidupan sehari-hari.     Seperti anjuran WU CI WU REN dengan SIU SIN YANG SING-nya itu !    Jadi kalau sampai ada Taoyu yang menganggap hal ini (selalu berusaha WU CI WU REN) malah menjadi suatu beban buat SIUTAO-nya, maka ini menunjukkan bahwa Taoyu itu masih kurang memahami arti JING CHING WU WEI yang sebenarnya.

Kita tidak boleh menganggap berbuat sesuatu itu sebagai beban, tapi anggaplah itu sebagai latihan dalam proses SIUTAO, asalkan setelah kita telah berbuat sesuai dengan Ajaran TAO, kita tidak perlu memusingkannya apa yang nanti akan dikatakan orang lain.    Artinya mau dipuji, mau diketawai ataupun dikritik,  yah diterima saja dengan lapang dada. Kalau bisa dijelaskan yah dijelaskan kembali, kalau nggak bisa, yah anggap saja memang seharusnya begitu dan berlalulah dengan ringan tanpa beban ! ….. ha… ha… ha….

Tao Cia Feng Fan ini menurut cara mewujudkannya yah… tergantung dari Taoyu2  semua, di dalam kehidupan sehari-hari harus selalu dapat merevisi dan refleksikan diri, sehingga bisa menunjukkan sesuatu yang memang berbeda (bukan sengaja maunya berbeda), nah perbedaan ini adalah sesuatu yang positif yang selalu memancar dari kehidupan Para Taoyu dan inilah yang dimaksud Tao Cia Feng Fan.  Tao Cia Feng Fan ini kalau terwujud, tentu saja ini sangat berarti didalam rangka “Shien Yang Cen Tao”, mengapa ?    Karena hanya dengan melihat, hanya dengan berdekatan, hanya dengan berkenalan dengan Taoyu2 kita, orang-2 lain akan segera mengetahui dan merasakan Keagungan TAO-nya.

Tags: , , , , , , ,  

Leave a Reply