Beberapa Tokoh Besar Agama TAO

Diambil dari http://indonesia.siutao.com/pengenalan

Beberapa Tokoh Besar Agama Tao
Oleh: DR. I Djaja L Msc.

Agama TAO () banyak melahirkan tokoh-tokoh besar yang sangat berjasa bagi kehidupan masyarakat, ini mencerminkan ajaran Agama TAO yang bersifat Qing Jing Wu Wei (Selalu berbuat kebaikan tanpa pamrih) dan selalu mawas diri serta aktif memperbaiki diri dengan segala usaha yang alamiah, diantara tokoh-tokoh yang sangat berpengaruh itu adalah :

  • Lao Zi Laozi_and_the_Tao
    Beliau adalah seorang yang sangat bijaksana dan merupakan penulis buku Tao De Jing atas permohonan Yin Shi yang terkenal itu, Lao Zi diyakini oleh umat TAO sebagai jelmaan dari Maha Dewa Dai Shang Lao Jun ke dunia untuk menyebarkan Agama TAO.
  • Chuang Zi chuangtzu-1
    Beliau adalah seorang ahli filsafat yang sangat mengagumi ajaran Lao Zi, beliau mempelajari ajaran TAO () secara mendalam dan menulis banyak buku filsafat yang penuh dengan pengertian-pengertian bijaksana.
  • Hua Duo hua_tuo
    Beliau adalah seorang ahli pengobatan yang bijaksana dan sebagai penemu latihan Gerakan Lima Jenis Hewan (Wu Jin Zhi Shi) yang kesohor dan sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia. Beliau boleh dikatakan sebagai wakil yang menonjol dan pakar dalam kehebatan ilmu pengobatan secara operasi di Tiongkok pada jamannya. Menurut catatan sejarah, beliau pernah melakukan operasi yang berhasil pada lengan Jendral Guan Yun Zhang (Guan Kong), yang terluka akibat kena panah beracun dari musuhnya.
  • Zhang San Fong zhang san fong
    Beliau adalah seorang ahli dalam ilmu bela diri dan olah Qi Gong, penemu dari ilmu bela diri Dai Chi Quan. Beliau juga merupakan pelopor dalam teori melatih dan menjaga kesehatan tubuh manusia, supaya bisa mencapai panjang umur yang paling optimal. Banyak buku teori kesehatan yang ditulis beliau, antara lain : Wu Gheng Shu, Xiao Jen Yuan Nian Fa, Zhong Jen Zhang Sou Fa.
  • Ke Hong 284 – 364 M ge hong
    Beliau adalah salah seorang tokoh agama TAO () yang sangat ahli dalam pengobatan penyakit pada jamannya, beliau menulis banyak buku-buku pengobatan yang sangat terperinci dalam menggambarkan jenis-jenis penyakit, sayang buku-buku beliau itu banyak yang sudah tidak bisa ditemukan lagi sekarang ini. Pada saat itu beliau sudah bisa menjelaskan secara rinci gejala-gejala tentang banyak penyakit diantaranya adalah : Cacar, Anjing gila / Rabies, Tuberculosis paru-paru, Hepatitis, dsb. Walaupun belum bisa diketahui penyebab yang sebenarnya, namun dari tulisan-tulisan beliau tentang gejala penyakit-penyakit di atas dan cara pengobatannya serta perkiraan perjalanan penyakitnya, maka bisa dikatakan bahwa beliau telah mengetahui dan mencatat adanya penyakit-penyakit itu ratusan tahun lebih dini dari orang di luar Tiongkok. Buku beliau yang sangat terkenal berjudul Bao Pu Zi.
  • Dao Hong Jing 456 – 536 M tao hongjingBeliau adalah seorang tokoh Agama TAO () yang sangat pandai dalam bidang Astronomi, Strategi perang dan Ilmu pengobatan, namun lebih dikenal karena jasa-jasanya dalam bidang Ilmu obat-obatan Tiongkok kuno. Beliaulah yang pertama menyusun dan memperbaiki secara sistematis data buku Ilmu obat-obatan yang lengkap dan terperinci, sehingga memudahkan untuk dipelajari dan digunakan oleh generasi berikutnya. Banyak buku yang pernah ditulis beliau, yang terkenal adalah : Yang Sing Yuan Ming Luk dan Ben Chao Chik Zhu.
  • Suen Zhi Miao 581 – 682 M su simiao
    Beliau adalah seorang tokoh Agama TAO () yang sangat hebat dalam bidang ilmu pengobatan Tiongkok, baik cara mendiagnosa penyakit menular maupun dalam hal bidang tusuk jarum, beliau mengumpulkan resep-resep obatnya dalam buku Jien Cin Yao Fang. Seumur hidupnya beliau berhasil mengobati lebih dari 600 penderita lepra, beliau juga sangat memperhatikan tentang penyakit-penyakit pada wanita dan anak-anak sehingga boleh dikatakan sebagai satu-satunya ahli dalam bidang ini pada jamannya, dalam dunia kedokteran tradisional Tiongkok, beliaulah yang pertama kali membedakan penyakit Dysentri kedalam tiga golongan, yang masih dianut sampai sekarang.
  • Chu Ke Liang / Gong Ming Zhu-Geliang
    Beliau adalah seorang tokoh Agama TAO () yang sangat menguasai ilmu Astronomi dan memahami ritual-ritual keagamaan Agama TAO, selain itu beliau juga sangat ahli dalam ilmu strategi perang dan pemerintahan. Dalam sejarah San Kuok (Zaman tiga negara), beliau pernah menggunakan kebolehannya menggabungkan keahlian dalam bidang Astronomi, keahlian dalam bidang ritual keagamaan Agama TAO serta keahlian dalam strategi peperangan, untuk merencanakan sebuah perang taktis, yang akhirnya bisa mengalahkan lawannya secara telak. Kemahiran dan teknik-teknik strategi inilah yang banyak dipelajari oleh para ahli lainnya dan banyak dibuat buku-buku yang sangat dikagumi oleh masyarakat.
Tags: , , , , , , , , , , , ,  

Leave a Reply