SIEN YANG CEN TAO

Diambil dari arsip diskusi di http://siutao.com

Diskusi antara Bro SHAN MAO dan Fairy, pada Juni 2004.

Apakah yang dimaksud dengan Sien Yang Cen Tao ?

Membahas mengenai Sien Yang Cen Tao, ada 2 hal yang perlu kita diperhatikan :

1. Sien Yang adalah : Meneladani dan menyebar luaskan !
Disini kita dituntut untuk bisa berkelakuan sesuai dengan Ajaran Agama TAO tanpa pamrih, agar dapat dipandang sebagai “panutan” di dalam hidup bermasyarakat dan dihadapan Taoyu2 lainnya.

Berkelakuan yang bagaimana ?   Tentunya sesuai dengan kalimat : utamakan TAO & TEK, kemudian baru REN & YIE.

2. Cen Tao adalah : TAO yang benar/sejati, tanpa mengada-ada/memelintir !
Ini adalah hal yang paling sulit !   Sering kali orang dengan tidak sengaja telah memelintir arti sebenarnya dari TTC.   Misalnya, disebabkan karena memang ilmu pengetahuan mereka yang masih kurang, ditambah kurang senang membaca buku, sehingga cenderung terjadi salah dalam mengartikannya.   Lebih2 sekarang ini ada banyak orang yang dengan sengaja memelintir pemahaman Ajaran Agama TAO yang sejati, untuk mencapai tujuan serta ambisi pribadi mereka.

Untuk itu, kita harus selalu belajar menambah ilmu pengetahuan kita, dan tetap waspada dengan selalu ikut mendengarkan Ciang TAO, baik dari Se Fu maupun Senior2 yang memang telah diketahui banyak pengalamannya.   Selalu memupuk kebiasaan untuk mau bertanya dan mencari tahu jawaban yang benar demi kemajuan pemahaman kita sendiri dalam memahami Ajaran Agama TAO.

Lha lantas kepada siapakah pertama2 kita menyebar luaskannya ?   Dan dengan cara bagaimana ?

Pertama-tama tentu saja kita sebar luaskan kepada orang2 disekeliling kita sendiri, tapi ingat harus bisa memenuhi kriteria filsafat “Tidak menyebarkan, berarti menyebarkan juga”.

”Tidak menyebarkan, berarti menyebarkan juga” maksudnya apa ?

Menyebarkan kepada orang2 di sekeliling kita, berarti yang pasti keluarga dulu khan ?    Tapi kok banyak yah orang yang tidak mau mengajak keluarganya masuk TAO ?   At least ngajak ke Tao Kwan ?   Bukankah kalo mengajak keluarga berarti “Sien Yang Cen Tao” juga ?

Sebetulnya ada perbedaan antara “Sien Yang” dan “Juan” (menyebarkan), mari kita lihat rangkaian kata2 yang digunakan :
- Sien Yang Cen TAO.
- Juan TAO.

Kalau Juan TAO, berarti menyebar luaskan Ajaran Agama TAO tentunya dilakukan oleh Petugas tertentu. Biasanya dilakukan oleh mereka yang telah memiliki pengetahuan serta pemahaman tentang Ajaran Agama TAOnya sudah memadai.   Disini kita lebih menekankan pada pengetahuan serta pemahaman tentang Ajaran Agama TAO-nya.

Tapi kalau Sien Yang, pada kalimat Sien Yang Cen TAO, berarti kita tidak hanya dituntut menguasai pengetahuan TAO yang memadai, yang lebih penting lagi justru harus bisa meneladani/bertingkah laku sesuai dengan Ajaran Agama TAO yang benar. Dengan demikian kemanapun kita pergi, orang lain langsung bisa tahu, serta bisa segera menilai, inilah yang namanya orang SIUTAO !!!   Karena itu, ngak usah lagi kita repot2 menyebarkan sudah nyebar dengan sendiri toh !!!    Itu yang saya maksud level “Tidak menyebarkan, berarti menyebarkan”, harap maklum !!!

Betul juga sih, mengajak anggota keluarga ke TAO KWAN berarti turut aktif mengambil bagian di dalam rangka membantu Juan TAO.   Namun kalau diri kitanya sendiri sudah bertingkah laku sesuai dengan apa yang telah diajarkan oleh Agama TAO (menghayati serta mengamalkannya), maka kita sudah boleh disebut sebagai Sien Yang Cen TAO juga.

Dalam kehidupan sehari-hari memang kita selalu diharuskan bertingkah laku baik. Lebih tepatnya harus HEK JING ; HEK LI ; HEK FAK (terjemahannya adalah sesuai dengan peraturan/hukum dan sesuai dengan hati nurani yang baik) dan tidak kalah pentingnya harus tepat dan benar sesuai pemahaman Ajaran Agama TAO tentunya.

Prinsip :

Sien Yang Cen TAO adalah : Memahami serta mengamalkan Pemahaman Ajaran Agama TAO di dalam kehidupan diri kita sehari-harinya, yang dampaknya juga berarti turut menyebar luaskan Ajaran Agama TAO.

Juan TAO adalah : Terutama menyebarkan Ajaran Agama TAO dulu.    Tapi mungkin saja, ini sih mungkin saja…. penyebarnya pun belum tentu sepenuhnya mengamalkan Ajaran Agama TAO yang benar di dalam kehidupannya sehari-hari (alias “lips servis” saja.)

Nah sekarang, ngajak siapa pun bisa termasuk salah satu kategori diatas.   Kuncinya adalah apakah yang mengajak itu sudah memahami serta mengamalkan Ajaran Agama TAO yang didapat.   Ataukah pemahaman terhadap Ajaran Agama TAO nya cuma dibibir saja !   Tapi kalau mau menyebarkan Pemahaman Ajaran Agama TAO yang Asli, yah sudah jelas seharusnya mereka yang sudah memenuhi criteria Sien Yang Cen TAO !!!

Tags: , , , , , , ,  

Leave a Reply