Merubah Kesalahan !!!

Apa syaratnya supaya bisa merubah kesalahan ?

Diambil dari arsip diskusi di http://siutao.com

Diskusi antara Bro SHAN MAO, Bro DaoRen, pada Juni 2005.

Ta Chia Siek Tao Hao,

Hallo semuanya, banyak orang mengetahui/menyadari bahwa dirinya sedang berbuat kesalahan dan bahkan berbuat Dosa, tapi rata2 sangat sulit untuk bisa berubah dari perbuatan salah/dosanya itu, kenapa bisa demikian ?  Apa ada syaratnya, supaya seseorang itu bisa berubah dari kesalahan yang telah dibuatnya itu ?

Saya pernah diberi tahu bahwa untuk bisa merubah kesalahan, seseorang itu harus :

1. Tahu malu/punya rasa malu.

2. Tahu dan Hormat kepada Shen/Shien, Thian dan Di.

3. Keberanian dan Tekad yang kuat untuk mau berubah.

OK, dibawah ini saya terjemahkan dari buku yang pernah saya baca :

Orang-orang Bijak pada zaman dulu, dengan kita2 yang hidup pada zaman sekarang ini, sama2 sebagai manusia.   Tapi kenapa mereka bisa mempunyai NAMA yang HARUM dan DIKENANG orang sampai beribu-ribu tahun.    Sedangkan kita2 yang hidup pada jaman sekarang ini, boleh dikatakan tidak bisa apa2, bahkan banyak yang sampai hancur nama baiknya.

Manusia kalau hanya rakus terhadap MING, LI dan ZHEK (selingkuh), maka sering kali dibelakang orang lain akan berbuat hal2 yang bersifat jahat (korupsi ; memfitnah ; selingkuh dsb) dan yang merugikan orang banyak.    Mereka mengira tidak akan ada yang tahu, atau bahkan bangga dengan cara2 licik yang telah mereka lakukan itu.    Orang2 dengan sifat seperti itu, lama kelamaan dan tanpa disadarinya dia akan berubah menjadi layaknya seekor binatang yang berwujud seperti manusia !!!

Kata Meng Ce :   Sifat “Tahu Malu” (punya rasa malu) sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan MANUSIA.   Maka dari itu, jikalau orang bisa tahu (punya rasa malu), itu artinya dia sudah mendekati sifat2 yang dimiliki oleh Orang Suci atau minimal Orang Bijaksana.    Tapi kalau orang tidak punya rasa malu lagi, maka itu pasti perangai seekor binatang yang berwujud manusia !!!    Manusia tentunya sangat berbeda dari binatang dan diharapkan juga berbeda didalam cara berpikirnya dibandingkan dengan binatang.    Memiliki atau punya rasa malu merupakan salah satu modal juga didalam mencapai kemajuan Siutaonya !!!

Tags: , , , , , , ,  

Leave a Reply