SHI NIAN SHU MU, BAI NIAN SHU REN

Diambil dari arsip diskusi di http://siutao.com

Tulisan dari Bro SHAN MAO, pada Maret 2005.

Ungkapan dalam Bahasa Mandarin yang berbunyi : SHI NIAN SHU MU, BAI NIAN SHU REN=

十年樹木,百年樹人.   Yang artinya adalah : Sepuluh tahun menanam pohon, seratus tahun membina manusia.

Ungkapan ini menyadarkan kita bahwa menanam pangan hanya diperlu waktu beberapa bulan saja, menanam pohon perlu sepuluh tahun baru ada hasilnya, namun jika untuk membina Sumber Daya Manusia memerlukan waktu seratus tahun.

Dengan demikian maka mestinya kita semua bisa sadar, bahwa : TERNYATA UNTUK MEMBINA SDM UMAT TAO MASIH SANGAT PANJANG JALAN YANG HARUS KITA LALUI.    Karena itu didalam hal “Juan TAO” (menyebar luaskan Ajaran Agama TAO), yang paling penting adalah tingkah laku kita yang bisa dilihat langsung oleh masyarakat atau Taoyu lainnya.    Bukan hanya sekedar omongan2 manis saja !!!

Hal ini mencerminkan kepada kita bahwa : Di dalam “Juan TAO”, kita harus memegang teguh pepatah tersebut di atas, jangan sekali2 punya pandangan bahwa “Juan TAO” hanya dalam waktu yang pendak saja, lantas buru2 ingin melihat hasilnya, apalagi sampai dibanding2kan dengan hal2 lainnya.

Disini kita dituntut untuk sedapat mungkin bisa mawas diri, jangan sembarangan bicara kalau memang belum tahu.   Dan kalau kita sudah terlanjur salah bicara, semestinya harus segera meralat atau merevisinya, serta minta bantuan dari pihak yang bisa/mampu memberikan pemahaman serta penjelasan yang lebih tepatnya.

Jangan sampai malah mencari-cari alasan yang sebenarnya tidak diperlukan.   Karena SIUTAO itu yang terpenting adalah kemampuan menyerap “Inti Sari Kebenaran” dari pemahaman/pengertian yang benar dari Ajaran Agama TAO dan kemudian untuk dapat dilaksanakan didalam kehidupan sehari2 !!!

Tags: , , , , , , ,  

Leave a Reply