Xiao Yao Guan

http://indonesia.siutao.com/tempat/xiaoyaoguan/

Xiao Yao Guan

Gapura Komplek Kelenteng Xiao Yao Guan
gapura_xiaoyaoguanGapura Pintu Gerbang Komplek Kelenteng Xiao Yao Guan

Dao Jiao Zong Zu Sheng Di
Tempat Suci Sumber Awal Agama Tao

Kelenteng Xiao Yao Guan
Zhong Hua Di Yi Guan
Dao Guan / Kelenteng Nomer Satu Di Tiongkok
Papan Nama Xiao Yao Guan
papan_nama_xiaoyaoguanPapan Nama “Xiao Yao Guan” diatas pintu gapura komplek Kelenteng Xiao Yao Guan.

Jalan menanjak yg mulus & rapi di Komplek Kelenteng Xiao Yao Guan
jalan_menanjakJalan Menanjak Yang Mulus dan Rapi di Komplek Kelenteng Xiao Yao Guan.

Patung Kaisar Kuning Huang Ti

patung_kaisar_kuning_xiaoyaoguanPatung Xian Yan Huang Di – Kaisar Kuning
Karena itu di daerah ini banyak terdapat cerita sejarah Kaisar Kuning, dan sampai sekarang diakui sebagai Tempat Suci dan Tempat Ziarah bagi seluruh orang keturunan Tionghoa yang ingin mencari akar dan sumber asal nenek moyangnya.

Sebagian foto berasal dari Brosur Xiao Yao Guan yang bersangkutan. Hak cipta foto tersebut pada pemilik hak cipta foto brosur tersebut)
xiaoyaoguan_01
Dao Jiao Zong Zu Sheng Di
Tempat Suci Sumber Awal Agama Tao

Kelenteng Xiao Yao Guan

Zhong Hua Di Yi Guan
Dao Guan / Kelenteng Nomer Satu Di Tiongkok
xiaoyaoguan_02Gapura Komplek Kelenteng Xiao Yao Guan

Agama TAO merupakan agama tertua yang murni lahir dan berasal dari Tiongkok. Agama TAO mulai lahir pada zaman Nabi Fu Xi, dan berkembang menjadi agama yang lengkap pada zaman Cun Jiu Zhan Guok ( Zaman perang raja-raja atau awal sejarah Negara Tiongkok Kuno ). Nabi yang umum dikenal sebagai penyebar Agama TAO adalah Nabi Lao Zi, yang dihormati oleh semua aliran Agama TAO sebagai Maha Dewa Dai Sang Lao Jun.
xiaoyaoguan_03Sekitar 12000 tahun yang lalu, di Gunung Gong Dong yang berjarak 26 Km sebelah Utara dari Ibu Kota Kuno ( Zaman Hua Xia ), yaitu Kota Yu Chow, yang saat ini dianggap sebagai Pusat Kebudayaan Kaisar Kuning ( Huang Di ), sudah ada kegiatan ajaran Agama TAO.

Para ahli sejarah dan kebudayaan Tiongkok mengakui bahwa tempat inilah yang merupakan cikal bakal asal mula nenek moyang orang Tionghoa, sekaligus sebagai tempat asal lahirnya Agama TAO.
xiaoyaoguan_04

xiaoyaoguan_05

Xiao Yao Guan yang diakui sebagai Tao Guan / Kelenteng nomer satu ( Kelenteng Utama ) di Tiongkok ini, merupakan Tao Guan yang dibangun di dinding terjal Gunung Gong Dong ( Disebut juga Da Xian Shan / Gunung Dewa Besar ). Xiao Yao Guan juga diakui sebagai tempat asal lahirnya Agama TAO.

xiaoyaoguan_06

xiaoyaoguan_07
Dalam buku “Chuang Zi Zhu”, tertulis bahwa pada zaman Kaisar Kuning ( Huang Di ), Kaisar Kuning belajar agama TAO dari Nabi Kuang Chen Zi. Dengan kalimat aslinya sebagai berikut: “Nabi Kuang Chen Zi Siu Tao di gunung Gong Dong, Kaisar Kuning Belajar Tao dari Kuang Chen Zi“.

Sejarah juga mencatat bahwa Kelenteng Xiao Yao Guan dibangun 5000 tahun yang lalu oleh Kaisar Kuning. Dikatakan setelah Kaisar Kuning menghancurkan pengacau Man Yu, semua raja-raja kecil tunduk dan mendukung Kaisar Kuning sebagai penguasa tunggal Tiongkok. Suatu saat ketika Kaisar Kuning melihat Gunung Gong Dong dari istananya, Kaisar Kuning tertarik dengan keagungan dan keindahannya, sehingga Kaisar Kuning belajar Agama TAO kepada Nabi Kuang Chen Zi dan membangun Xiao Yao Guan di Gunung Gong Dong sebagai tempat Siu Tao.
xiaoyaoguan_08

xiaoyaoguan_09

Karena itu di daerah ini banyak terdapat cerita sejarah Kaisar Kuning, dan sampai sekarang diakui sebagai Tempat Suci dan Tempat Ziarah bagi seluruh orang keturunan Tionghoa yang ingin mencari akar dan sumber asal nenek moyangnya.

Di komplek Xiao Yao Guan terdapat bangunan kelenteng besar dan kecil, seluruhnya berjumlah 72 bangunan, ditambah pemandangan pegunungan yang sangat indah menawan, ada danau Xiao Yao Hu, ada air terjun He Long Dan / Telaga Naga Hitam, dsb. Sangat menarik sebagai tempat Napak Tilas Religius Agama Tao bagi seluruh Umat Agama Tao di dunia ini.

xiaoyaoguan_10

Dalam buku “Jin Guok Thian Xia Li Bin Shu” tercatat bahwa : Di Gunung Gong Dong ada air terjun, diatas air terjun ada Kuil Nabi Kuang Chen Zi, dibawahnya ada makam Nabi Kuang Chen Zi. Buku ini sekali lagi merupakan bukti bahwa Nabi Kuang Chen Zi benar-benar ada dan benar mengajarkan Agama TAO di Gunung Gong Dong.
xiaoyaoguan_11

xiaoyaoguan_12

Sejarah juga mencatat bahwa ketika Nabi Lao Zi ( ) dalam perjalanan menuju Han Gu Guan, pernah singgah di Xiao Yao Guan untuk mengumpulkan bahan dalam usaha menulis sebuah buku. Dan disinilah Nabi Lao Zi mulai menulis konsep awal Kitab Suci Tao Tek Cing ( ), setelah Nabi Lao Zi ( ) membaca kumpulan catatan nasehat Nabi Kuang Chen Zi kepada Kaisar Kuning di Kuil “Ji Dao An”.
xiaoyaoguan_13

xiaoyaoguan_14
xiaoyaoguan_15

xiaoyaoguan_16Setelah Nabi Lao Zi sampai di Han Gu Guan dan berhasil menyelesaikan tulisannya sebagai Kitab Suci Tao Tek Cing, maka hanya dalam waktu singkat langsung menggemparkan seluruh tanah Tiongkok, sehingga Nabi Lao Zi diakui dan dipuja sebagai Nabi Agama TAO. Naskah awal atau konsep yang tersimpan di Xiao Yao Guan sudah dibuktikan oleh para sejarahwan dan memang asli sebagai tulisan tangan Nabi Lao Zi. Dan di Kuil “Ji Dao An” yang dibangun Nabi Kuang Chen Zi, merupakan peninggalan dan bukti sejarah yang nyata dari kehadiran Nabi Lao Zi  di Xiao Yao Guan ketika itu.

xiaoyaoguan_15

xiaoyaoguan_18

xiaoyaoguan_19

xiaoyaoguan_20

xiaoyaoguan_21

xiaoyaoguan_22

xiaoyaoguan_22

xiaoyaoguan_23

xiaoyaoguan_24

xiaoyaoguan_25

xiaoyaoguan_26

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,  

2 Comments

  1. saya sebagai penganut muslim sangat percaya dan yakin yang kemungkinan besar penyebar agama tao pertama itu adalah seorang Nabi. sebab dalam ajaran kami,diajarkan bahwa jumlah Nabi yang Tuhan utus itu ada 24.ooo. Nabi. Yang salah satunya kemungkinan Nabi xiao yao guan.

    Reply

  2. Hallo Sangeyang,

    XIAO YAO GUAN itu bukanlah nama seorang Nabi, tapi merupakan nama sebuah Kelenteng Nomor Satu di Tiongkok. Jadi, mungkin yang anda maksudkan adalah Maha Dewa Thay Shang Lauw Cin. Tks

    Reply

Leave a Reply