CEN WO dan CIA WO

Dirangkum dari salah satu arsip diskusi di http://siutao.com

Diskusi antara Bro Victor Tjham, Bro Spotty, Bro SHAN MAO, Sis Avera, Bro Pasca dan Bro Pink02, pada Februari dan Maret 2003.

CEN WO = “Aku” yang ASLI

CIA WO = “Aku” yang PALSU

Saya rasa tidak ada orang yang mau menggunakan topeng “keburukan” dalam kehidupan sehari2nya.    Yang ada justru sebaliknya, orang2 yang sifatnya masih “buruk” dengan sengaja memakai topeng “kebaikan”, agar terlihat sebagai orang “baik dan suci” dimata orang banyak.

Sebenarnya didalam kehidupan yang sesuai ajaran TAO, bisa digambarkan seperti siklus sebagai berikut : lahir dengan CEN WO (Sien Thien Tek Wo), kemudian seiring dengan bertambahnya umur dan dari hasil pendidikan serta pergaulannya, mulai muncul CIA WO.    Yah… memang pada mulanya, semua itu akan terkesan dipaksakan seperti layaknya memakai pakai “topeng” saja.    Cuma kita tinggal memilih, mau menggunakan topeng yang “baik” atau yang “jelek” !!!

Setelah kita mengetahui makna CEN WO dan CIA WO.    Lantas untuk apa ?   Kalau untuk menemukan hal2 yang positif dari diri kita masing2, rasanya kita sudah pada jagoan semua.    Bahkan rasa2nya semua aspek yang terdapat dalam diri kita adalah positif alias bagus2 alias tidak ketemu kelemahannya !!!

Yang paling sulit ternyata adalah bagaimana kita bisa menemukan CEN WO, dimana ternyata ditemukan  bahwa Si “CEN WO”nya itu sendiri begitu banyak yang nggak benernya ???

Nah….., dari sinilah baru kita bisa mulai SIU SIN YANG SING, yang ngak bener direvisi jadi agak bener, terus direvisi lagi jadi lebih bener lagi, dst, dst…………    Kalau CIA WO, didalam kehidupan bermasyarakat memang kadang2 sulit untuk bisa dihindari, asalkan tidak kelewatan dan masih di dalam batas2 kewajaran serta tidak larut di dalamnya, saya rasa OK2 saja.

Tags: , , , , , , , ,  

Leave a Reply