SHEN LIK vs KUNG LIK

Diambil dari arsip diskusi di htt://siutao.com

Diskusi antara Bro Life, Bro Spotty, Bro Pink02, Bro SHAN MAO, Sis Avera dan Bro Andre, pada Maret dan April 2003.

SHEN LIK : Kekuatan/Kegaiban SHEN/SHIEN yang tanpa batas dan tanpa tepi.

KUNG LIK : Kekuatan dari hasil latihan sehari2.

KUNG LIK adalah istilah untuk “Suatu Ukuran/Skill/Hasil Suatu Kegiatan”, misalnya sudah mempunyai Kung Lik yang hebat setelah 10 tahun latihan TAO CIA JIEN (Lien Kung dalam bidang TAO CIA JIEN), disini mencakup semuanya, baik Kung Lik dalam gerakan maupun Kekuatan/Power (…) TAO CIA JIEN-nya.

Begitu juga Taoyu yang punya skill yang tinggi dalam Lien Ji Kung nya, dikatakan KUNG LIK nya dalam bidang JI KUNG sudah tinggi dsb.    Tentunya dalam latihan2 ini akan bisa lebih mudah berhasil kalau kita juga rajin latihan SHEN KUNG yang ada dalam TAO YING SUK.    Karena FFS akan selalu membimbing kita, misalnya dalam hal melatih JI KUNG dan bagaimana cara menyalurkan tenaga yang paling baiknya !

Sedangkan SHEN LIK adalah milik SHEN, tapi kadang2 demi untuk membantu/menolong kita, maka FFS akan memakai Shen Lik-nya.    Sehingga bagi orang awam akan mengira bahwa kita mempunyai suatu kekuatan Supra Natural dan Maha Hebat, karena itu kita nggak usah terlalu mengharapkan sekali !!!

SHEN LIK tentu berbeda artinya bagi Taoyu dan Orang Awam ! Bagi orang awam yang melihat saat kita latihan JI KUNG sampai bisa keluar angin dari telapak tangan, mereka akan mengatakan/menganggap itu adalah SHEN LIK.   Tapi bagi kita seharusnya yah… tidak demikian.   Karena hanya SHEN yang mempunyai SHEN LIK, kalau manusia yah… sebatas disebut KUNG LIK saja !!!

Sekedar untuk memudahkan pemahaman saja yah…, KUNG LIK yang dimiliki oleh seseorang bisa didemonstrasikan secara berulang2, tapi kalau SHEN LIK biasanya hanya berlaku sesaat/satu kali saja, itupun atas kemurahan hati SHEN yang melindungi kita.

Jika kita berhasil dalam tahapan Siutao sehingga dapat HUANG YI, maka biasanya FFS kita juga akan diganti oleh FFS yang lebih “Senior” dari yang terdahulu, karena itu yah… SHEN LIK-nya juga akan lebih tinggi lagi.

Memang benar, SIUTAO harus kita yang menjalaninya sendiri, karena itu kita selalu dituntut supaya bisa menambah KUNG LIK kita dalam segala aspek, termasuk LIEN FAK SUK yang diberikan oleh SF.    Semua itu akan sangat bermanfaat bagi kita sampai pada saatnya kita menjadi SHEN/SHIEN,  kalau ada YEN FEN tentunya !!!

Sebagai suatu contoh : Ada seorang Taoyu yang baru sebulan belajar Tao Ying Suk,  kebetulan “ditantang” oleh kawannya untuk bertanding “ilmu” (disini sengaja ditulis dalam tanda kutip, saya kira kalian tahu artinya bukan!) untuk mengetahui siapa yang bisa menjatuhkan lawannya, dialah yang dianggap punya “ilmu” lebih hebat.

Wah…, Taoyu ini jadi serba salah, karena memang dia masih belum bisa apa2.    Oleh karena itu dia hanya bisa duduk bersila sambil minta perlindungan SHEN.    Eh… ternyata biar bagaimanapun lawannya mengerahkan “ilmu” untuk berusaha menjatuhkan Taoyu itu, hasilnya selalu nihil.

Malah akhirnya lawannya itu sendirilah yang jatuh terjengkang kebelakang tanpa Taoyu itu menggerakkan satu jaripun.   Nah…, apakah dalam hal ini Taoyu kita itu memakai FAK tertentu ?    Jawabnya sudah pasti bukan !!!     Tapi hasilnya tetap menakjubkan bukan !!!     Inilah yang disebut WU FAK CIU SE FAK dan tentunya masih banyak contoh2 yang menarik lainnya !

Mengenai WU SANG TA FAK, tidak perlu diragukan lagi.    Kadang, bila ada sesuatu kekuatan gaib yang ingin mengganggu kita dan bila kita-nya sering latihan TAO YING SUK, maka kita akan mendapatkan perlindungan.    Mahluk alam gaib pun kagum akan Kebenaran TAO yang sejati !!!

Jadi asalkan kita bisa tetap SIU TAO dengan benar ; berbuat banyak KUNG TEK ; Rajin melatih apa yang telah diberikan SF kepada kita dan yang paling penting adalah JEN SIN (IK SIN SIANG TAO).   Maka percayalah, pasti FFS akan menolong kita dengan SHEN LIK bilamana kita memang benar2 memerlukannya dan itu semua akan seperti mengalir dengan begitu saja bagaikan istilah WU SANG TA FAK !!!

Tags: , , , , , , , , , ,  

Leave a Reply