Ini baru mendekati benar !!!

Diambil dari arsip diskusi di http://siutao.com
Diskusi antara SHAN MAO dan Sponbob, pada Januari 2008.

NIn-JaHallo rekan2 semuanya, pernah saya mengoleksi kalimat2 mutiara tentang hati nurani, antara lain : “Bagaimanapun juga, saya tetap yakin bahwa hati nurani manusia benar2 baik dan mulia” (Anne Frank).

Rasanya sih… cukup mendekati kebenaran yah… !!!   Namun banyak cerita… yang mengharuskan kita agar tetap waspada, terhadap tingkah laku setiap manusia.   Karena “situasi ; kondisi ; tolerasi serta adat budaya” setempat, juga akan dapat merubah watak umat manusia… bisa menjadi “Manusia Jahat” atau “Manusia Baik”, walaupun sejatinya… hati nurani manusia itu pada awalnya adalah mulia !!!

Oleh karena itu, orang yang SIUTAO juga dilatih…. dilatih untuk bagaimana melihat seseorang itu dengan benar, agar supaya kita bisa menempatkan diri dengan tepat… sesuai dengan “situasi ; kondisi ; tolerasi serta adat budaya”, dari orang2 yang sedang kita hadapi.    “Hanya orang yang penuh dengan kebodohan dan keidiotanlah, yang dalam pergaulannya tidak punya rasa kewaspadaan sama sekali !!!

Ada cerita sejarah nih… yang terjadi pada masa perjuangan di RRC :
Ketika itu sekitar tahun 1939?an, bala tentara Jepang sedang menyerang Tiongkok dalam usahanya menjajah Tiongkok.   Nah..  pada suatu hari di sebuah Vihara yang terletak di atas gunung WU DAI SHAN, ada seorang Guru Spiritual dari Agama Buddha, sedang melatih murid2nya unuk latihan kungfu, di halaman depan kuil.

Saat sedang asyik2nya berlatih meditasi, mendadak dari kejauhan terdengar deru suara pesawat terbang !!!    Maka salah satu muridnya segera berteriak : “Ada pesawat Jepang !!!    Sefu… mari kita bersembunyi dulu !!!”    Tapi… karena si Guru itu punya persepsi yang salah tentang “Hati Nurani dan Sifat Baik Manusia !!!”, malahan dia berkata dengan nada marah : “Kalian jangan panik, saya yakin semua orang pasti baik dalam kepercayaannya, apalagi orang2 Jepang sebagian besar juga Beragama Buddha.    Ditambah lagi, ini kan Vihara… tempat suci Agama Buddha.    Mana mungkin pesawat Jepang akan menyerang Vihara !!!     Sudah jangan panik… tetaplah berlatih meditasi !!!”.

Apa yang terjadi ???    Benar saja… tak berapa lama kemudian datanglah sekitar 5 pesawat tempur Jepang, begitu mereka sampai di atas Vihara Wu Dai Shan, langsung saja mereka memuntahkan tembakan ke arah kumpulan murid2 kuil yang pada saat itu sedang berlatih meditasi bersama Gurunya !!!    Singkat cerita…, Sang Guru adalah termasuk salah satu korban yang tewas sia2… terkena tembakan pesawat Jepang !!!

Sejak kejadian itu.. murid2 kuil Wu Dai Shan banyak yang turun gunung dan ikut menjadi tentara komunis, untuk berperang melawan Tentara Jepang !!!   Yang hebatnya… murid yang berteriak pertama kali itu, dialah satu2nya orang yang pernah membunuh 10 Tentara Jepang dengan pedangnya sendiri, dalam suatu pertempuran jarak dekat.   Ha… ha… ha…

Nah… itulah kesalahan yang sering dilakukan oleh orang2 yang “utopis” dalam belajar keagamaan (si gurunya itu !!!), sehingga matanya jadi buta… buta gara2 salah menangkap isi ajaran yang sebenarnya !!!

Nih… saya tambahkan sedikit dengan Ungkapan MANDARIN-nya : “REN ZHI CHU XIN BEN SHANyang artinya “Manusia ketika baru dilahirkan, pada dasarnya mempunyai hati nurani yang suci, bersih dan mulia”.    Hal ini disitir oleh NABI LAO ZI pada salah satu BAB di dalam kitab Suci TAO TEK CING : “Orang yang SIUTAO, seharusnya bisa mengambil sifat seperti bayi yang baru lahir, sebagai target melatih kemuliaan hati nuraninya !!! Kira2 sifatnya seperti ini  nih… : “JUJUR ; TULUS ; APA ADANYA ; TIDAK DIBUAT-BUAT dan SELALU ALAMIAH !!!     Itulah inti kata2 “BAIK” yang sesungguhnya !!!

Beberapa Ungkapan Mandarin yang mungkin bisa digunakan untuk menunjang proses, supaya kita bisa hidup lebih aman dari gangguan orang2 jahat !!!!
- REN ZHI CHU XIN BEN SHAN, artinya “Manusia pada dasarnya dilahirkan dengan hati nurani yang mulia”.
- ZHI REN ZI MIAN BU ZHI XIN, artinya “Manusia biasanya mudah dikenali dari wajahnya, tapi sangat sulit dikenali hatinya”.
- SHI SANG REN XIN SIAN EK,  FENG REN ZHI SUO SAN FEN HUA, artinya “Di dunia modern ini, banyak berkeliaran manusia2 jahat, karena itu setiap bertemu orang yang belum dikenal dengan baik, hendaknya hanya berbicara setinggi 30% saja”.
- REN JING SHI ZHI CHANG CHANG BO, artinya “Umumnya ditemukan rasa kemanusiaan yang tipis, setipis kertas surat saja”.
- CIN CHEN SHUO CI,  QIN SHI WEI GAI, artinya “DENGAN KEJUJURAN DAN KETULUSAN HATI YANG SUNGGUH2, BIARPUN BATU ATAU EMAS AKHIRNYA LURUH JUGA”.

Nah… itulah kira2 5 (lima) UNGKAPAN MANDARIN yang bisa kita hayati… untuk membantu kita menentukan sikap dalam pergaulan, supaya kita bisa sukses menggapai tujuan hidup kita dengan lebih harmonis.

Menurut Kitab Suci TAO TEK CING, pada zaman Purba dulu, jumlah umat manusia itu memang masih sedikit dan sifatnya masih lugu alamiah, sehingga dapat selalu tulus dan positif, dalam menjalani kehidupan bermasyarakatnya, karena mereka2 itu tidak mempunyai nafsu keinginan materi yang neko2 !!!    Lah… pada jaman sekarang ini, manusia kan sudah sangat pandai, tapi sayangnya… kepandaiannya itu justru sering disalah gunakan.   Gara2 “Mata Hati” mereka sudah tertutup oleh nafsu keserakahan materi dan nama baik semu (MING dan LI) !!!       Jadi… yah… kita hidup itu, “Jangan mudah percaya kepada orang lain, harus selalu waspada… !!!”

Menyambung ungkapan2 di atas, bisa kita teruskan dengan ungkapan lanjutan, sebagai berikut : “LAI SUO SHI FEI ZHI,  GENG SHI SHI FEI REN“, yang artinya “Orang yang datang2 langsung menuduh atau menggosipkan orang lain, biasanya dia itulah orang yang sesungguhnya bermasalah !!!” Jadi… karena sekarang ini banyak manusia2 yang berpikiran sirik dan keji (Shi Sang Ren Xin Sian Ek), maka kita harus selalu bersikap waspada !!!

Nah… mungkin ada yang bertanya : “Kalau begitu… gimana donk caranya menemukan KAWAN yang sejati ???”    Ini kita bisa menggunakan ungkapan lain : “LU YAU ZHI MA LIK (SHI / RE) JIU QIAN REN XIN“, atau “Perjalanan yang jauh akan menyebabkan kita tahu kekuatan sesungguhnya dari kuda yang kita tunggangi.    Dengan makin lamanya waktu bergaul / bekerja sama, maka akan semakin jelas memahami sifat seseorang yang sesungguhnya”.   Artinya : “Jadi orang jangan belum apa2 sudah main tuduh dan main ambil kesimpulan, apalagi kalau sebelumnya sudah ada rasa dendam atau apriori yang jahat serta ambisi2 yang berlebihan”.

Oleh karena itu… dalam pergaulan atau dalam bentuk hubungan apapun, Kolega ; Teman Kuliah ; Pacaran, dsb !!!    Rasanya… tidak mungkin kita bisa buru2 menilai,  bahwa seseorang ini begini atau begitu sifatnya !!!   Kita harus menghabiskan banyak waktu untuk mengamati dan mempelajari seseorang itu, sebelum akhirnya kita bisa mengambil suatu kesimpulan !!!    Jangan putus asa… walaupun sudah menghabiskan waktu yang cukup lama, biasanya toh… belum bisa juga 100% mengetahui isi hati seseorang lho !!!

Sebab ada pepatah yang mengatakan bahwa : “REN XIN SUI XIAO YE ZUI DA“, artinya “Jantung manusia itu meskipun kecil, juga paling besar !!!” Yang berarti “Mustahil kita bisa menyelami semua isi hati seseorang sampai 100%.   Maka… dalam pergaulan kita sehari-hari, kita harus hati2 dan sekali lagi selalu hati2, walaupun misalnya ZHEN LI / CENG LI sudah ditangan kita !!!

Salam Hangat TAO,
XIE SHEN EN

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,  

Leave a Reply