Siapa yang lebih berbahaya : Setan atau Manusia ???

Diambil dari arsip diskusi di http://siutao.com

Diskusi antara Bro SHAN MAO dan  Bro Longhu, pada Maret 2004.

Ta Chia Siek Tao Hao,

Hallo semuanya, sering kita mendengar banyak orang yang takut setan, sampai2 jika malam hari hendak ke WC pun harus ditemani orang lain !     Menurut teman2 siapakah yang sebetulnya lebih bahaya !    Manusia atau Setan ?

Kalau nonton di film2, setan itu ditakuti karena tampangnya yang serammmmmmm……  Ooouucchhhhh…….  Kalau orang sakit jantung ketemu setan, ya bisa sayonara forever dah !    Bahaya kan ?    Tetapi kalau masalah siapa yang lebih jahat, rasanya manusia yang paling jahat, meskipun tidak semua/relatif dan bisa juga manusia adalah paling baik.

Coba aja bayangin ajah, masa anak makan ortu, ortu makan anak,  saudara ciak saudara, dsb.   Sedangkan kalau setan (katanya lho!!!) kalau sudah janji maka akan pegang janji, juga kalau manusia janji ke setan maka janji itu harus ditepati or si setan akan nagih janji terus.

Saya punya cerita tentang manusia yang menjual setan, mau tahu nggak ?    Tapi lihat dulu yah ke cermin, supaya nggak dijual orang tuh bayangan yang di dalam cermin itu !

Konon pada zaman dulu ada seorang pemuda bernama Teng Pek, suatu malam karena ada sesuatu keperluan yang mendesak, dia ingin pergi ke desa Mai Kui yang lumayan jauh dari tempat tinggalnya.   Maka dengan tanpa ragu2 berangkatlah Teng Pek menuju desa Mai Kui.    Baru beberapa ratus meter dari rumahnya dia sudah ketemu setan, namun dasar anak pemberani maka dia bertanya sama tuh setan :  “Hey kamu siapa ?”

“Saya Setan dan kamu siapa ?” : balas si Setan itu.   Sambil cengengesan Teng Pek menjawab : “Saya juga setan”.   ” Kamu mau kemana ?” : tanya Setan itu.   “Saya mau ke Desa Mai Kui” : jawab Teng Pek.   “Wah kebetulan nih saya juga mau kesana, kita jalan sama2 aja deh” : kata si Setan.   “Ok” : kata Teng Pek.

Selanjutnya terjadilah dialog dan peristiwa dibawah ini :

Setan : ” Wah kalau jalan terlalu lambat nih, gimana kalau kita gantian menggendong, masing2 dalam waktu tertentu kan lebih cepat”.   Maklum setan bisa meluncur/terbang diudara !

Teng Pek :  “Baik”.

Setan : “Aku gendong kamu dulu, nanti gantian kamu yang gendong saya ya !”

Teng Pek :  !!!!!!!!

Setan : “Wah koq badan kamu berat sekali ?    mungkin kamu bukan setan kali ya ?”

Teng Pek : “Saya adalah setan baru, jadi yah agak berat donk !”

Setan : “Oooooo gitu yah !!!”

Teng Pek : “Wah kalau digendong begini, ternyata jalannya jauh lebih cepat yah !”

Setan : “So pasti donk…., emangnya kamu belum tahu???   Sudah, sekarang giliran kamu yang menggendong saya”.

Teng Pek : “Wah kamu memang sangat ringan, sedikitpun tak terasa berat kamu itu”.

Setan : “So pasti donk ……. kan setan !   Saat melalui jalanan yang becek !    Lho koq kamu ketika jalan melalui air berbunyi kecipak-kecipuk siiih !!!

Teng Pek : ” Saya baru saja meninggal, belum biasa jalan melalui air, jadi yah bersuara.   Mohon dimengerti lho !!!    Saya adalah setan baru, jadi juga belum mengerti, setan itu paling pantang terhadap apa sih ?

Setan : “Kita bangsa setan paling takut kalau diludahi oleh manusia !!!

Hari mulai terang, dan…….

Teng Pek : “Ha… ha… sudah sampai desa Mai Ku !!!”

Setan : “Hey hey hey, turunkan aku !!!   Aku takut sinar tahu nggak !”

Teng Pek : “Hi… hi… hi, sebentar lagi pasti saya turunkan kamu”.

Setan : “Lepaskan aku, lepaskan aku (sambil teriak2!)”.

Teng Pek: “Ok, ditempat ini sudah cukup terang ……. nih gua turunkan kamu (sambil membanting !)”.   Dan chuh chuh chuh (meludahi setan temannya itu !)

Setan : “Waduh ternyata kamu manusia !   Hey…. jangan meludahi aku ! (sambil ketakutan)

wa…a…a….a….a mmmmmbekkk,   setan itu berubah wujud jadi kambing (gara2 diludahi Teng Pek).

Teng Pek : “Ha… ha… ha… ternyata seekor kambing yang gemuk !”

Oleh Teng Pek kambing itu langsung dijual sekalian dipasar desa Mai Kui dan laku seharga 300 ribu

Nah, jangan senyum2 dulu !!!   Apakah maksud tersembunyi dari cerita diatas ?

Menurut yang punya cerita, dia menasehati saya bahwa : “Banyak orang takut kepada setan, padahal yang lebih bahaya adalah manusia itu sendiri.   Karena itu dalam mencari teman kita harus hati2, jika sampai kita salah dalam mendapatkan teman …   Bisa2 anda akan dijadikan kambing gemuk dan sudah dijualpun anda masih tidak tahu lho !

KARENA ITU JANGAN MUDAH PERCAYA TERHADAP ORANG YANG BARU DIKENAL !    Kalau soal kelicikan, ternyata manusia memang setingkat lebih tinggi dari pada setan. Makanya manusia itu lebih jahat dan lebih berbahaya dari pada setan !    He… he… he…

Tetapi memang begitulah sifat manusia.   Manusia baik memang banyak, tetapi yang jahat tidak kurang banyaknya juga !!!

Salam Hangat TAO,

Xie Shen En

Tags: , , , , , ,  

Leave a Reply