Sekelumit sejarah NABI LAO ZI.

Diambil dari arsip diskusi di http://siutao.com
Ditulis oleh SHAN MAO, pada Juni 2008.

Ta Chia Siek Tao Hao,

Hallo semuanya, cerita ini saya ambil dari buku LAO ZI DE GU SHI yang diterbitkan di Kota LU YI oleh Kelompok ilmuwan yang seminat terhadap Ajaran LAO ZI.    Setelah mereka mempelajari sejarah dan data2 peninggalan di desa bekas tempat tinggal NABI LAO ZI.

Saya sengaja mengambil sebagian kecil saja untuk ditayangkan disini, supaya para pembaca tidak bingung lagi, akibat beberapa topil yang sengaja dipakai untuk debat kusir oleh oknum2 tertentu !

Dikatakan :
Ketika LAO ZI diberi tugas mengurusi bagian Kepustakaan Kerajaan Chow sekitar tahun 550 SM, beliau sangat gembira dan setiap hari membaca buku serta memperhatikan kejadian2 disekelilingnya termasuk memperhatikan keadaan sosial & politik kerajaannya, sehingga sangat membantu beliau untuk membentuk teori Ajaran TAO dikemudian hari.

Karena dalamnya ilmu pengetahuan yang beliau miliki dan pandangan yang luas tentang hubungan sosial & politik di masyarakat, maka banyak pejabat dan masyarakat lainnya yang datang untuk berdiskusi serta memohon nasehat kepada LAO ZI, diantaranya adalah GONG ZI !!!   Pada masa itu Gong Jiu yang berasal dari Kerajaan LU, sampai 4 kali datang menemui LAO ZI untuk berdiskusi dan belajar Ajaran TAO dari LAO ZI.

Sekitar 25 tahun sebelum GONG JIU (GHC) WEN LI (Gong Jiu menanyakan tentang makna LI / berdiskusi TAO) kepada LAO ZI, di dalam Kerajaan Chow terjadi pergolakan internal dan setelah pertikaian selama 20 an tahun, kedudukan Raja Chow sudah sangat lemah, diantara banyak Raja2 di TIONGKOK Kerajaan Chow sudah menjadi Kerajaan yang sangat lemah dan kecil !!!

Setelah menyaksikan bahwa banyak buku2 yang ada di dalam Kepustakaan Kerajaan Chow, hampir semuanya hancur gara2 peperangan internal yang tak kunjung mereda, LAO ZI merasa sangat sedih, maka pada tahun 501 SM beliau memutuskan untuk mengundurkan diri dan menetap di daerah kota GU SHEN, ketika itu umur beliau sudah sekitar 70 tahun.   Saat itu masyarakat sudah sangat menghormati LAO ZI, karena banyaknya ilmu pengetahuan yang beliau kuasai, sehingga banyak orang yang datang untuk berdiskusi dan meminta nasehat kepada LAO ZI.

Tahun 492 SM, ketika GONG ZI mengetahui bahwa LAO ZI sedang mematangkan Ajaran TAO-nya di kota GU SHEN, maka GONG ZI sekali lagi datang menemui LAO ZI, kali ini beliau datang dengan membawa rombongan murid2nya dalam jumlah yang lebih besar !!!    Karena GONG ZI menyadari bahwa setelah melepaskan Jabatan, tentu LAO ZI lebih mempunyai banyak waktu dan lebih bebas untuk bisa menemui orang lain dalam jumlah yang lebih banyak !!!

Nah… pada tahun 479 SM, Kerajaan Chow ditaklukkan oleh Kerajaan CHU.   Saat itu LAO ZI sangat sedih sekali, sehingga memutuskan untuk pergi meninggalkan GU SHEN dengan menaiki Sapi Hijau kesayangannya menuju ke arah barat dan akhirnya bertemu YIN SHI di HAN GU GUAN sekitar tahun 478 SM.

Demikianlah sekelumit cerita sejarah NABI LAO ZI sebelum bertemu dengan murid kesayangannya yg bernama YIN SHI di HAN GU GUAN. Semoga cerita ini bisa membuka mata kita dan lebih memantapkan iman kita dalam belajar dan menjalani Ajaran AGAMA TAO.

Salam Hangat TAO,
Xie Shen En

Tags: , , , , , , ,  

11 Comments

  1. GONG Zi apakah yang dimaksud dengan KONG ZI ?
    Artikel yang menarik tentang Lao Zi.

    Reply

  2. Hallo Bro A.Gwan, benar… bahwa yg dimaksudkan dengan GONG ZI adalah KONG ZI atau Konghucu. Tks

    Reply

  3. Mungkin ejaan yang benar tulisannya Kong Zi, kalau memang merujuk ke Nabi Kongzi

    Reply

  4. Terima kasih atas koreksinya, tapi itu sekedar masalah logat saja. Sedangkan maksud dan tujuannya adalah sama… merujuk kepada Nabi Konghucu. Sama halnya penulisan GUAN DI atau GUAN GONG atau GUAN YU untuk menyebut “Kwan Kong” atau “Kwan Kung” atau “Kwan Tee”.

    Reply

  5. ad buku yg bs di download g??

    Reply

  6. jaka samudra

    apakah inti dari ajaran tao…. maaf..saya masih awam..mohon pencerahan nya

    Reply

  7. inti ajaran TAO adalah MENUJU KESEMPURNAAN SEUTUHNYA

    Reply

  8. Maaf Bro Jaka Samudra.. Sekedar melengkapi penjelasan Bro Tjing Wen, Ajaran atau Agama TAO, sejauh yang saya pelajari sebenarnya intinya menyelaraskan diri dengan alam dan lingkungannya(GLOBAL/UNIVERSAL).. dan meningkatkan Sumberdaya Manusia yang memang kita sudah memilikinya/ Alamiah punya dan bisa kalau mau mengasahnya..

    Terbukti Teori-Teori atau Ajaran Atau Prinsip-Prinsip yang di ajarkan dalam TAO banyak yang mengunakannya baik secara belajar langsung atau pun secara otodidak mereka mengunakannya.. Contohnya saja dalam menjalankan BISNIS dan Cara menyelesaikan masalah. Pengusaha BOB SADINO dalam bukunya sehari bersama BOB SADINO(maaf kalau salah judul). juga menggunakan prinsip Sesuai logo YIN-YANG di sampul depan, dan isinya juga kurang lebih penerapan prinsip YIN-YANG.

    Cuman sayang sekali, Ajaran yang begitu banyak Bangsa mengaguminya (salah satu contoh Kitab Sucinya TAO TEK CING) di seluruh pelosok dunia juga ada. Cuman kekurangannya generasi yang mengelolanya.. juga tidak di pungkiri bahwa pada jaman dahulu memang Ajaran atau Agaman TAO tidak di ajarkan secara luas / umum… pada TAOSHI (Guru/Pendeta TAO) nya hanya memilih yang memiliki bakat saja..

    Dan tidak sedikit pula yang salah penerapan dan cuman memanfaatkan Ajaran TAO untuk kepentingannya sehingga TAO terkesan MISTIK dan TAHAYUL. Sungguh di sayangkan.

    Maaf bila ada salah menjelaskan, Itu dari Pemahaman saya pribadi.
    Mungkin ada Saudara yang lain bisa lebih melengkapi.

    Reply

Leave a Reply