Merubah batu menjadi emas !!!

Diambil dari arsip diskusi di http://siutao.com
Diskusi antara SHAN MAO, Kartono Chandra, Tjing Wen, Siaumen, SGD, FOX dan Sanman89, pada Juni 2008.

Ta Chia Siek Tao Hao,

Hallo semuanya di bawah ini ada cerita tentang merubah batu menjadi emas !!!!

Konon, ketika JAI SHEN datang ke sebuah kota yang ramai penduduknya, Beliau (Jai Shen) mempunyai kemampuan untuk bisa merubah batu menjadi emas, hanya dengan cara ditunjuk saja !!!   Maka… Beliau ingin menggunakan FAK SUK yang dimilikinya itu, untuk mencari… kalau2 ada orang di kota itu yang berjiwa tidak rakus terhadap harta dan Beliau akan memberkatinya… supaya orang tersebut bisa awet muda sepanjang masa dan akan menjadi DEWA juga !!!

Namun… setelah bertahun-tahun mencoba dan menguji orang-orang di kota tersebut, JAI SHEN tidak bisa menemukan orang yang betul2 tidak serakah !!!    Biasanya… walaupun batu bata sudah ditunjuk menjadi emas dan diberikan kepada seseorang, pada umumnya orang2 itu selalu saja mengeluh… kalau “emas” yang diterimanya itu masih kurang “besar” !!!

Akan tetapi… JAI SHEN tidak putus asa, Beliau pergi keluar kota dan menuju ke sebuah desa kecil yang sepi… sesampainya di luar desa… kebetulan Beliau bertemu dengan seseorang yang sedang tidur-tiduran di bawah sebuah pohon !!!    Langsung saja JAI SHEN menunjuk sebuah batu kecil dan berucap berubah !!!    Cliinnggg… batu kecil itu langsung berubah menjadi “emas” !!!    Kemudian JAI SHEN berkata, saya kasih ini nih “emas” untuk kamu, mau nggak ???

Orang tersebut, menggeleng-gelengkan kepala, tanda tidak mau !!!    JAI SHEN berpikir…  wah mungkin kurang besar kali yah “emas”nya, sehingga orang serakah ini menolak menerima pemberiannya !!!   Selanjutnya… Beliau menunjuk sebuah batu gunung yang ribuan kali besarnya dibanding dari batu kecil itu tadi, sambil berkata : “Kalau begitu saya rubah batu yang gede ini menjadi emas… untuk kamu yah !!!”    Dan benar saja… begitu ucap “berubah” langsung batu yang ratusan kilo beratnya itu berubah menjadi emas yang berkilauan !!!    Namun ajaibnya… orang itu tetap menggelengkan kepala,  tanda tidak mau menerimanya !!!

Wah… senang sekali hati JAI SHEN, Beliau pikir… ini mungkin orang yang saya sedang cari-cari deh… semua emas dia tidak mau, mungkin dia cuma mau jadi DEWA barangkali yah ???   Maka JAI SHEN segera bertanya sekali lagi.    Semua batu emas yang kecil dan yang besar, kamu ngak mau ???    Jadi sebenarnya keinginan kamu itu apa ???

Nah… silahkan para pembaca menebak dan memberikan jawabannya masing-masing, kira-kira… apa yang sebenarnya diminta oleh orang desa itu ???  He… he… he… jangan lupa… sekalian pesan moralnya yah ???

.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
Orang desa itu maunya supaya dia sendiri yang bisa merubah batu jadi emas !!!
Sehingga dia bisa melakukan apapun sesuka hatinya.
Pesan moralnya “Keserakahan telah membuat orang jadi lupa atau tidak tahu diri”.
.

.
.
Memang benar, orang desa itu lantas menyodorkan jari telunjuknya… serta berucap : “Begini DEWA, tolong jari telunjuk saya ini dirubah menjadi seperti jari telunjuk anda saja !!!   Supaya lain kali… kalau saya membutuhkan emas… saya ngak perlu repot-repot mencari anda !!!

Pesan moralnya : “Sejak jaman dahulu… yang namanya manusia itu kebanyakan bersifat serakah dan oleh karena itu… jarang sekali yang berhasil menjadi DEWA !!! Ha… ha… ha…

Tags: , , , , , , , ,  

3 Comments

  1. Penyakit kronis: TAMAK…. :)

    Reply

  2. pesan moral nya saja “orang itu lebih merasa lebih nyaman dgn emas yg ada dlm dadanya, yg tidak takut kecurian ataupun tertinggal walaupun sdh meninggal dunia sekalipun tetap terbawa”.

    Reply

  3. ceritanya lucu & bermakna^^

    Reply

Leave a Reply