TAO = CERAN, CERAN = TAO, SHEN (Dewa) apakah CERAN juga ?

Diambil dari arsip diskusi di http://siutao.com

Diskusi antara Bro Life, Bro SHAN MAO, Bro Leon dan Bro Benz, pada Maret 2003.

Tao adalah Ceran, Ceran adalah Tao, SHEN (Dewa) apakah Ceran ?

Ceran memang TAO tapi TAO tidak hanya Ceran karena hasilnya kadang2 anti Ceran, Shen memang hanya bisa kita buktikan secara alamiah, tapi sering JI CIK (kegaiban) yang kita alami biasanya malah tidak alamiah (ceran). Seperti yang telah sama2 kita ketahui bahwa dengan latihan Shen Kung ; Chi Kung dan Cing Co Kung, itu semua adalah merupakan proses SIUTAO yang Ceran.    Salah satu hasilnya adalah awet muda dan awet muda ini timbul karena terjadi perlawanan dari suatu proses penuaan yang mestinya adalah alami (anti Ceran), itu salah satu contoh : Yin & Yang atau Ceran & Anti Ceran.

Sebenarnya TAO itu terdiri dari dua hal, CERAN (alami = Yin) dan FAN CERAN (bukan alami = Yang).    Cuma kita2 ini yang sering kebablasan dalam menjelaskan arti CERAN, sampai2 ada yang keblinger mengatakan bahwa CERAN itu sama dengan TAO.    Mestinya kita harus tahu bahwa CERAN hanyalah sebuah kata yang mempunyai banyak arti, tergantung dipakai dalam kalimat yang bagaimana !   Kadang berarti sebagai kata kerja, kadang sebagai kata benda, kata sifat dsb.    Karena itu kita harus hati2 sekali dalam menjelasannya ? Apalagi kalau dihubungkan dengan bahasa Indonesia !

Contoh :

1. Berlian “Alami” adalah CERAN TEK JAN UK (hasil karya alam semesta).

2. Berlian “Imitasi” adalah REN CAU TEK JAN UK (hasil karya manusia).

3. SIU TAO CERAN HUE JANG SOU (kalau mau SIU TAO biasanya panjang umur).

4. IE CUOK PUK YAO THAI TOU HUA YANG,  ING KAI CERAN IK TIEN (Berpakaian jangan terlalu norak, sebaiknya yang serasi saja).

Kita tahu bahwa TAO adalah sumber dari segalanya, maka contoh pada kalimat 1 dan 2, menyadarkan kita bahwa TAO terdiri dari dua hal, baik yang alami (CERAN = Yin) dan yang bukan alami (buatan manusia = Yang).    Sedang contoh dari kalimat 1 ; 3 dan 4, mestinya bisa menyadarkan kita bahwa satu kata CERAN saja, bisa berarti banyak pengertian dalam kalimat bahasa Indonesia (arti alamiah = kata benda, biasanya = kata kerja, serasi/pantes = kata sifat).

Maka seharusnya kita jangan sampai menjelaskan kata CERAN, dengan bahasa yang campur aduk nggak karuan, nanti malah jadi ling lung sendiri.    Apalagi kalau sampai akhirnya pikiran menjadi kacau, maka maksud hati menjelaskan TAO, namun apa daya yang muncul cuap2 CERAN melulu, tanpa mengerti apa itu arti dari kata ceran yang sedang dibahas !

Lha lantas, apakah Shen juga ceran?

Coba pelan2 dibaca dan dipikir dulu !!!

Tags: , , , , , , , , ,  

1 Comment

  1. saya mencari sejarah dan patung lam tao se kun

    Reply

Leave a Reply