Po An Kiong, Banjarmasin

TITD Karta Raharja (Po An Kiong) berlokasi di Jalan Niaga No.45, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.   Kelenteng ini terkenal dengan sebutan “Tepekong Pasar”, mungkin karena letaknya memang di tengah-tengah “Pasar Malam Blauran”.

Foto tampak muka Kelenteng Po An Kiong yang terletak di Jalan Niaga No.45, Banjarmasin.

Kelenteng ini sebelumnya berlokasi di belakang “Pasar Harum Manis” dan didirikan pada sekitar tahun 1314.   Setelah terjadi musibah kebakaran (tidak ada catatan kapan terjadinya), pada tahun 1914 atas prakarsa tokoh-tokoh masyarakat Tionghoa Banjarmasin, dibangunlah Kelenteng Po An Kiong yang berlokasi di Jalan Niaga No.45 ini.

Salah satu kemukjizatan yang pernah terjadi di Kelenteng Po An Kiong pada tahun 1942 adalah tidak meledaknya bom yang dijatuhkan oleh pesawat tentara sekutu (waktu itu tentara Australia), walaupun bom tersebut merusak atap dan Meja Altar KWANG CE CUN WANG.

Bangunan Kelenteng Po An Kiong ini merupakan salah satu bangunan tertua di Kota Banjarmasin, karena itu oleh Pemerintah Kotamadya Banjarmasin dijadikan salah satu objek pariwisata.

Terlampir adalah foto-foto Kelenteng Po An Kiong tersebut.

Altar THIEN KUNG

Altar KWANG CE CUN WANG

Rupang KWANG CE CUN WANG

Altar KWAN IM PHU SHA

Altar FU TE CEN SEN

Altar HU SHEN

Altar KWAN SHEN TI CHUN (Guan Di)

Altar MEN SHEN

Tags: , , , , , , , , , ,  

1 Comment

  1. Apakah klenteng pasar ini didirikan dengan maksud untuk memberi keberuntungan bagi perniagaan di kompleks pasar baru atau untuk menjaga lingkungan?
    Apakah sebelumnya,pasar baru merupakan kawasan kampung cina?
    Terimakasih

    Reply

Leave a Reply