Zhi Chi Zhi Bi ( 知 己 知 彼 )

Zhi Chi Zhi Bi

Diambil dari arsip diskusi di http://siutao.com

Diskusi antara SHAN MAO, DaoRen & Cookies, pada Februari 2005.

Hallo semuanya, topik ini sengaja saya tayangkan, untuk memberi informasi tentang apa sih arti sebenarnya, salah satu siasat perang dalam buku TSUN TZU ?    Sekaligus nanti mungkin banyak juga yg bisa membandingkannya dengan kalimat “WU CHI WU REN” yang sering kita bicarakan !!!

Sesuai dengan tata bahasa dan cara membuat kalimat Bahasa Mandarin yang lazim, maka kalimatnya adalah “( 知 己 知 彼 ) ZHI CHI ZHI BI, ( 百 战 百 胜 )  BAI CAN BAI SEN”.    Apakah arti dari kalimat tersebut ?    知 己 知 彼 (ZHI CHI ZHI BI) artinya adalah “Mengerti/mengetahui keadaan diri sendiri dan mengerti/mengetahui keadaan orang lain (pihak lawan)“.

Jadi kalau siasat TSUN TZU : “ZHI CHI ZHI BI, BAI CAN BAI SEN” berarti dalam strategi “Perang” apapun bentuknya, baik itu dalam berbisnis, bergaul atau perang sungguhan, bila kita bisa mengetahui keadaan diri kita dan berusaha mengetahui keadaan pihak lawan kita, maka boleh jadi kita akan selalu bisa memenangkan peperangan tersebut.

? ? ? ? (WU CHI WU REN) artinya adalah menyadarkan diri sendiri dan menyadarkan orang lain.    Jadi kalau ada yang ingin mengatakan arti “Mengerti keadaan orang lain”, maka yang benar adalah ZHI REN bukan WU REN.    Karena kata WU itu adalah Sadar/menyadarkan.

Ada lagi kalimat yang dapat mendukung penjelasan tersebut : “ZHI REN CE MIEN BUK ZHI SIN” yang artinya adalah “Perkataan seseorang mudah dimengerti, hati orang siapa yang tahu“.    Disini juga menggunakan kata ZHI, untuk menunjukkan pengertian “Mengerti keadaan orang lain”.

Lha… memang ada hubungan apa antara kalimat “ZHI CHI ZHI BI” dengan “WU CHI WU REN” dimana untuk WU REN kita tahu ada banyak cara, antara lain dengan melalui “keteladanan diri kita sendiri” atau bisa juga dengan cara “memberi nasehat”.    Nah dalam memberi nasehat inilah, mestinya kita juga harus tahu dulu siapa diri kita dan mengerti juga siapa orang yang akan kita berikan nasehat itu !!!    Nah… setelah tahu dan kita merasa sanggup, yah… nasehati saja menggunakan cara yang kita anggap paling tepat. ha… ha… ha…

Memang ZHI CHI ZHI BI itu sangat penting sekali dalam strategi “Perang”, maka itu dalam strategi berikutnya Sun Tsu mengatakan kalau “Langkah pertama menentukan hasil akhir/final”, yang artinya kira2 seperti disebutkan di atas itu.    Langkah pertama di sini memang dimaksudkan adalah langkah awal, strategi awal yang harus diambil dalam menghadapi pihak “musuh/lawan”.

Untuk menentukan “hasil akhir” kita harus balik lagi ke strategi pertama, yaitu ZHI CHI ZHI BI dalam hal ini adalah “mengenali diri sendiri dan musuh” dan tentunya yang paling penting adalah mengenali diri sendiri terlebih dahulu !!!

ZHI CHI ZHI BI bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk WU yang paling mendasar sekali. Oleh karena itu ada pepatah yang mengatakan “Jangan selalu menyalahkan orang lain, akan tetapi salahkan dulu diri sendiri” !!!

Tags: , , , , , , , , , ,  

Leave a Reply