Persahabatan !!!

Membedakan persahabatan

Diambil dari arsip diskusi di http://siutao.com Diskusi antara Hendrikus, Dao Ren, SHAN MAO, Lim, Fairy, Cookies, Avera, Shun Li dan Progress, pada Januari 2005.

Bagaimana cara membedakan persahabatan yang membawa manfaat dan tidak membawa manfaat ?    Wah… wah… wah… kenapa harus memilih sahabat yang membawa manfaat atau tidak membawa manfaat ?   Membawa manfaat untuk siapa ?    Kita ?    Berarti kita maunya memanfaatkan teman dong ?

Apakah diri kita pasti bisa mendatangkan sesuatu manfaat bagi teman kita ?    Kalau ada, manfaat apa yang bisa kita berikan kepada teman ?    Bagaimana jika manfaat yang terdapat dalam diri kita itu ternyata tidak dibutuhkannya ?    Artinya, diri kita hanya akan menjadi orang yang tidak bermanfaat bagi teman kita itu khan !!!    Sebaliknya, jika sahabat kita itu ternyata tidak sedang bermanfaat bagi diri kita, apakah kita lantas tidak lagi mau bersahabat dengannya ?

Memilih sahabat tidak bisa sekedar melihat dari bermanfaat atau tidak bermanfaatnya, tapi apakah dia selalu bisa bersama2 dengan kita di dalam suka dan duka.    Bukankah berteman itu juga tergantung “Kejodohan” diantara keduanya !!! Prinsip bersahabat adalah usahakanlah untuk selalu bisa memberi dari pada menerima.    Karena, jika kita memberikan sesuatu itu artinya kita juga telah menerima sesuatu.

Di dalam setiap kesempatan, usahakanlah untuk selalu berusaha memberikan sesuatu kepada orang lain, terutama dalam mencari sahabat, ini semua adalah modal untuk kita supaya di kehidupan yang akan datang, bisa “berjodoh” serta mendapatkan banyak sahabat yang baik.    Kalau sudah “jodoh”nya, bisa saja terjadi anda akan mendapatkan sahabat yang selalu saja meminta manfaat dari anda, tanpa memberi kesempatan anda untuk mendapatkan manfaat dari sahabat anda itu, biarpun katanya anda sudah mati2an mencari sahabat yang menurut anda bisa bermanfaat !!!    Ini disebut nasib yang telah mempermainkan anak manusia !!!

Tapi jika kita SIUTAO, maka apapun yang kita terima selalu bermanfaat buat diri kita.    Ha… ha… ha… Kata “Jodoh” disini hanyalah sebuah istilah saja, semuanya itu tergantung kepada amal kebajikan dari masing2 indvidunya juga, tergantung kepada teori sebab – akibat !!!   Yang terpenting di dalam mencari sahabat adalah bagaimana kita melatih diri untuk selalu bisa waspada dan sedapat mungkin mengetahui watak yang sebenarnya dari seseorang yang baru kita kenal.

Masih ingat pepatah : “CIN CE CHE CIAO TAN RHU SUE, SIAO REN CHE CIAO DIEN RHU MIK“, artinya “Persahabatan sejati biasanya hambar2 saja seperti minum air tawar, sebaliknya persahabatan semu justru terasa manis seperti minum madu.”    Jadi, jika kita baru saja berkenalan sudah menunjukkan sikap yang sangat manis dan selalu memanjakan/memperhatikan kita, maka kita sudah harus segera berhati-hati terhadap teman kita yang satu ini.

Sebagai umat manusia, sedapat mungkin kita harus bisa bergaul dengan siapa saja, namun yang namanya sahabat baik biasanya cuma segelintir dari sekian banyak teman yang anda kenal.    Nah untuk bisa memilih, maka harus ada modal juga nih, biasanya harus bisa WAN REN SHIANG, minimal harus belajar meramal wajah, fisik dan bahasa tubuh seseorang !

Yang namanya Wan Ren Shiang menurut saya adalah ilmu melihat watak seseorang berdasarkan ciri2 Fisik, tingkah laku, tata-krama dsb, dalam pergaulan sehari-hari.    Ini sangat membantu kita dalam pergaulan sehari2 dan dalam rangka mencari teman sejati.   Kadang2 kita bisa mengerti bahwa sebagian watak seseorang dari tulisan dan tanda tangannya misalnya, dsb.    Dari kebiasaan bahasa tubuh, kita juga bisa tahu keadaan mental seseorang pada saat yang bersamaan dsb. Sehingga kita bisa bertindak sebijaksana mungkin.

Sahabat yang sejati adalah sahabat yang bisa ? ? ??? ? ? (TONG HUAN NAN, GONG GAN KU atau DONG HUAN NAN, KHONG KHAN GHU).    Artinya adalah sifat “SETIA KAWAN“.    Arti lainnya adalah : “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing“, sama2 bersimbah peluh berjuang dalam kesulitan/kesengsaraan, kemudian sama2 menikmati hasil perjuangannya !    Sebuah pengertian mengenai sikap moral TEMAN SEJATI !    Ini adalah pepatah yang sangat tersohor sejak zaman Jenderal Kwan Kong !!!

Tags: , , , , , , , , , , ,  

Leave a Reply