Chien (uang) dalam TAO !!!

Diambil dari arsip diskusi di http://siutao.com

Diskusi antara Secret Admirer, SHAN MAO & Lim, pada Juli 2005.

Bagaimana sebenarnya pengertian/memandang “UANG” dalam pemahaman Ajaran Agama TAO ???   Apakah boleh secara nafsu mengejarnya, ataukah berserah pada nasib ataukah santai saja uang akan datang dengan sendirinya.

uang Salahkah jika kita memiliki ambisi yang terlampau besar dan nafsu untuk mengejar yang terlalu tinggi ?    Bagaimana cara CUAN CHIEN yang selayaknya ???

Yang namanya ambisi itu, kalau seseorang mempunyai cita2 yang tinggi, tapi tidak diikuti kemauan untuk menyiapkan sarana/SDM dirinya sendiri.    Ajaran Agama TAO itu sangat maju dan berpikiran selalu positif, Agama lain sering salah menilai Kebudayaan Agama TAO.    Yang ngak tahu malah menuduh bahwa ajaran AGAMA TAO sangat ambisius karena :

1. Ingin merubah suatu keadaan yang mustahil bisa menjadi mungkin.

2. Ingin menggunakan kesempatan dalam waktu hidup manusia yang pendek ini, belajar dan berusaha untuk mencapai keabadian seperti Shen/Shien (bisa hidup sampai waktu yang tak terbatas !).

Kalau cuma angan2 saja tanpa berusaha dan belajar LIEN SHEN KUNG, CO KUNG TEK, LIEN CHI KUNG dsb, maka itu namanya hanya sebuah nafsu yang sangat berambisi.    Tapi kalau mau berusaha dan melatih diri sampai betul2 mempunyai kemampuan untuk itu, maka tujuan itu adalah cita2 yang realistik/masuk akal, bukan sekedar nafsu serta ambisi saja.

Cara Cuan Jien menurut Kebudayaan Agama TAO adalah :

? ? ? ?? ? ? ? ? ? Jin Ce Ai Jai, Jie Ce Yu Tao : Manusia hidup di muka bumi ini, pasti tidak luput dari kebutuhan materi, karena itu boleh2 saja sebagai manusia normal ingin mendapatkan harta kekayaan duniawi, namun ingat cara memperolehnya haruslah sesuai dengan ajaran Agama TAO.

? ? ? ? ? ? ?? Bu Ge Dan Bu Yi Ce Jai : Hidup sebagai manusia, tidak boleh punya keinginan untuk menguasai harta/kekayaan yang patut dicurigai kemurniannya.    Artinya, harta harus dicari dengan usaha dan keringat sendiri, yang tentunya sesuai dengan Ajaran Agama TAO.    Jangan sekali2 ingin mendapatkan sesuatu dengan cara yang tidak terpuji.    Misalnya : merampok, mencuri, korupsi, menipu, dsb2.

Kita boleh mengejar harta/kekayaan sesuai kemampuan diri kita sendiri, bila merasa kurang mampu, maka berusahalah untuk meningkatkan SDM diri kita terus menerus (belajar untuk bisa menguasai berbagai bidang ilmu pengetahuan), ingat belajar itu sampai tua !!!    Namun harus tetap diingat nasehat LAO CE, jangan terlalu Dam (serakah !),  harus bisa hemat tapi tidak kikir !!!

Tags: , , , , , , , , , , ,  

Leave a Reply