“Sifat” orang yang bagaimana, cocok untuk latihan Qi Gong ?

Diambil dari arsip diskusi di http://siutao.com
Diskusi antara SHAN MAO, Lim, Alung, DaoRen & RRG,  pada Desember 2005.

Baru2 ini saya bertemu seorang Se Siong yang mahir dalam latihan Qi Gong, maka pada kesempatan untuk bertanya jawab ada TAOYU yang bertanya sebagai berikut ” “Siapa yang cocok dan mudah berhasil bila ingin mengikuti latihan Qi Gong?”  Maksud dari pertanyaan itu adalah “Orang yang ingin berhasil di dalam latihan Qi Gong, harus memiliki sifat2 yang bagaimana ?

Latihan Qi Gong dapat diikuti/dilatih oleh semua orang, tapi yang bisa berhasil cuma sebagian kecil saja.    Jadi seolah2 Qi Gong itu sangat mudah dipelajari, tapi sangat sulit untuk bisa benar2 berhasil, kenapa ?

Latihan Qi Gong bukanlah “Olah Nafas” biasa, ada cara2 tertentu yang harus diketahui.   Latihan Qi Gong memang termasuk semi semedi juga, tapi tidak melulu spiritual.   Walaupun dalam Aliran DAI SANG MEN kita, memang sering dibantu oleh FFS ketika latihan Qi Gong.   Pada umumnya banyak orang yang salah pengertian terhadap Qi Gong.    Qi Gong bisa dikelompokkan ke dalam 2 bagian, yang Pertama adalah menganggap Qi Gong sebagai sebuah “Olah Nafas” biasa yang seperti halnya “Olah Raga” saja.    Yang Kedua adalah menganggap Qi Gong sebagai suatu latihan yang sangat misterius dan hasilnya bisa membuat orang jadi sangat super dan hebat.

Ada sebagian orang menganggap bahwa dalam berlatih Qi Qong (atau bela diri ) yang sering kali salah kaprah dalam mengartikan Qi Gong.   Bisa karena ketidak mengertian ataupun pengaruh komik dan film2.    Sehingga mereka seringkali menganggap Qi Qong sebagai sesuatu latihan yang “Ajaib”, yang dapat menciptakan “Superman”.

Nah…  agar tidak terjadi salah pengertian, dengan ini saya tayangkan saja jawaban Sesiong Senior itu.    Siapa tahu dengan demikian malah kita bisa sedikit menyadari apakah Qi Gong itu ???    “Orang yang cocok untuk latihan Qi Gong adalah orang yang sehat “Jasmani” dan “Rohani”nya.   Namun yang lebih diutamakan adalah orang yang sehat “Rohani”nya.

Jadi secara umum orang yang mempunyai gabungan dari sifat2 “Lapang Dada”, “Mudah Memaafkan Orang Lain”, “Jujur”, “Tulus” serta “Tekun” dalam bekerja.    Oleh karena itu, biasanya orang yang sudah berusia diatas 40th lebih cocok untuk belajar Qi Gong.   Karena orang2 yang demikian itu, biasanya sudah punya banyak pengalaman bergaul di dalam masyarakat, sudah berhasil dalam karirnya, jadi tidak banyak lagi pikiran yang macam2 dan lebih mudah mengatur waktu untuk latihan Qi Gong”.

Nah…, sepertinya jawaban ini biasa saja, tapi kalau seseorang yang mengerti Qi Gong itu apa ?    Maka biasanya mereka akan langsung setuju dengan jawaban tersebut.    Tapi bagi yang belum mengerti apa itu Qi Gong ?     Apalagi mengetahui bagaimana latihannya, maka biasanya akan langsung menolak penjelasan tersebut.    Sementara orang2 yang belum cocok untuk berlatih Qi Gong, tentunya mereka2 yang memiliki “Rohani” merupakan kebalikan dari yang disebutkan di atas itu tadi.

Latihan Qi Gong yang benar tentunya yang sesuai dengan “Tao Jiao Qi Gong”, dimana hasilnya perut ngak akan sampai jadi buncit, kecuali sebelum latihan memang sudah buncit kali yah….   ha… ha… ha…    Soal bimbingan dari Shen, anda jangan salah paham, justru disanalah letak kemuliaan Shen kita.   Karena itu bagi umat TAO yang belajar Tao Jiao Qi Gong dengan benar, pasti ngak akan “Zuo Huo Ru Mo”,  yah… karena ada bantuan dari FFS kita tentunya.    Manfaat dari Qi Gong, tentunya sangat banyak dan bisa dilihat dalam jangka panjang.

Intisarinya yaitu, orang yang cocok belajar Qi Gong adalah orang2 yang mempunyai Hati Nurani yang benar dan lurus, istilah Mandarinnya adalah Xin Shuk Yao Cen = ?? ? ?, bila seseorang dengan sifat2 Xin Shuk Bu Cen =  ? ? ? ?, maka biasanya akan gagal dalam latihan Qi Gong nya.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,  

Leave a Reply